%A NIM.: 13420061 Achmad Kharis Muhyiddin %O Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag %T Implementasi Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas 10 MAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2019-2020 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan konsep Penila ia n Autentik untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas 10 MAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2019-2020 dan untuk mengetahui serta menjelaska n Implementasi Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas 10 MAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan latar belakang pendidikan para siswa-siswi kelas 10 MAN 3 Bantul. Untuk pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) konsep Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas 10 MAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2019-2020 sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016. (2) Implementasi Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas 10 MAN 3 Bantul Tahun Ajaran 2019-2020 aspek pengetahuan dengan menggunakan teknik penila ia n tes lisan, tes tulis, dan tes lain yang sesuai dengan aspek pengetahuan. Untuk aspek sikap teknik penilaiannya menggunakan pengamatan dan teknik lainnya yang sesuai. Sedangkan untuk aspek keterampilan teknik penilaiannya menggunakan performance, praktik, portofolio, produk, proyek, dan teknik yang sesuai. %K Implementasi, Penilaian Autendik, Aspek, Teknik. %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib43903