@phdthesis{digilib44043, title = {Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Antara Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Dan Metode Ceramah Pada Konsep Komponen Dasar Elektronika Kelas III SMP Negeri 3 Gamping Tahun Ajaran 2005/2006}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 99454190 Amin Darojat}, year = {2006}, note = {Pembimbing Prof. Dr. H. Suparwoto, M.Pd}, keywords = {Perbedaan, Prestasi Belajar Siswa, Metode Diskusi, Metode Ceramah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44043/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar siswa yang ditunjang dengan pembelajaran dengan metode diskusi dan metode ceramah sebagai model pembelajaran fisika serta berusaha mengungkap besamya sumbangan kemampuan awal fisika terhadap prestasi belajar fisika siswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian the post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III D sebagai kelompok eksperimen yang diberikan pengajaran dengan pembelajaran metode diskusi dan kelas III A sebagai kelompok kontrol yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah. Penetapan subjek dalam penelitian ini dilakukan secara random dengan teknik undian. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian yang diteruskan dengan uji beda rata-rata skor (BRS) dan analisis regresi ganda. Analisis?analisis tersebut dilakukan setelah terpenuhinya prasyarat analisis, yakni uji homogenitas varians dan linieritas lmbungan. Pengujian BRS didapat ?Y sebesar 1,904 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat prestasi belajar fisika siswa kelas Ill SMP Negeri 3 Gamping pada pokok bahasan komponen dasar elektronika antara yang diajar dengan pembelajaran metode diskusi dan pembelajaran dengan ceramah. Dalam ha! ini prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan pembelajaran metode diskusi lebih baik dibandingkan dengan yang diajar dengan ceramah. Variabel sertaan berupa kemampuan awal fisika memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar fisika sebesar I 0, 79 \%.} }