%0 Thesis %9 Skripsi %A Inayatun Syarifah, NIM.: 16600042 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:44119 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Subject Specific Pedagogy (SSP), Group Investigation (GI), Problem Based Learning (PBL). %P 315 %T PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PRISMA DAN LIMAS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44119/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Group Investigation (GI) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah materi prisma dan limas yang valid. Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Group Investigation (GI) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah materi prisma dan limas yang disusun terdiri dari petikan silabus, RPP, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terbatas pada tiga tahapan yaitu, analysis, design, dan development. Sumber data dalam penelitian ini adalah validator ahli yang terdiri dari 4 dosen Pendidikan Matematika dan 1 guru matematika di sekolah. Data dalam penelitian ini diperoleh dari lembar skala penilaian Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Group Investigation (GI) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah materi prisma dan limas. Lembar skala penilaian SSP berupa lembar checklist yang mencakup aspek-aspek penilaian serta deskripsinya. Hasil lembar skala penilaian SSP dari validator ahli menjadi acuan untuk menentukan kualitas SSP yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tiga tahapan pengembangan. Tahap pertama yaitu, tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis materi, analisis kebutuhan guru, dan analisis karakteristik siswa. Tahap kedua yaitu, tahap desain (design) yang meliputi penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, melengkapi unsur-unsur SSP, dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap ketiga yaitu, tahap pengembangan (development) meliputi pembuatan produk awal SSP, pembuatan instrumen penelitian, revisi instrumen penelitian berdasarkan masukan dari dosen pembimbing dan validator ahli, dan revisi produk awal SSP berdasarkan masukan dari dosen pembimbing dan validator ahli. Pada tahap ini diperoleh kualitas SSP sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 174,8 dari skor tertinggi ideal 200. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Group Investigation (GI) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah materi prisma dan limas telah teruji valid. %Z Pembimbing : Suparni, S.Pd.,M.Pd.,