eprintid: 44123 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12316 dir: disk0/00/04/41/23 datestamp: 2021-09-09 09:41:45 lastmod: 2021-09-09 09:41:45 status_changed: 2021-09-09 09:41:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suparti, NIM.: 16600058 title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS PMRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN SPASIAL ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Perangkat Pembelajaran, kubus, balok, Missouri Mathematics Project (MMP), PMRI, kemampuan spasial note: Pembimbing : Suparni, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang valid berupa “Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas VIII menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis PMRI untuk Memfasilitasi Kemampuan Spasial”. Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan meliputi petikan silabus, RPP, LKS, Media Pembelajaran, dan instrumen Penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari model ADDIE (Analsyis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dibatasi hingga tahap development karena kondisi lingkungan akibat pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan melaksanakan tahap implementations dan evaluation. Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas VIII menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis PMRI untuk Memfasilitasi Kemampuan Spasial ini dikembangkan melalui tiga tahap pengembangan yaitu analisis (analysis) yang meliputi analisis kurikulum, kebutuhan guru, dan karakteristik siswa, kemudian dilanjutkan dengan tahap perencanaan (design) yang terdiri dari penyusunan peta kebutuhan, penyusunan kerangka Perangkat Pembelajaran, dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap berikutnya yaitu pengembangan (development) yaitu penulisan Perangkat Pembelajaran, penyuntingan produk awal Perangkat Pembelajaran berdasarkan kritik, saran, dan masukan dari validator, serta penilaian kualitas Perangkat Pembelajaran oleh validator. Hasil penilaian kualitas Perangkat Pembelajaran oleh validator ahli yaitu 2 dosen dan 2 guru matematika diperoleh rata-rata skor keseluruhan yaitu 178.25 dari skor maksimal sebesar 200 dan mendapat kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas VIII Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis PMRI untuk Memfasilitasi Kemampuan Spasial telah teruji valid. date: 2021-01-12 date_type: published pages: 317 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Suparti, NIM.: 16600058 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS PMRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN SPASIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44123/1/16600058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44123/2/16600058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf