%0 Thesis %9 Skripsi %A Della Puspa Anggraeni, NIM.: 16600067 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:44124 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Treffinger, Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah %P 430 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44124/ %X Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok persegi panjang dan persegi yang memenuhi kriteria ketercapaian yaitu validitas, kepraktisan dan efektivitas. Model pengembangan menggunakan model prosedural dengan prosedur pengembangan ADDIE. ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian kualitas LKPD, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal posttest kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok persegi panjang dan persegi memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik termasuk dalam kategori sangat baik dengan memperoleh rata-rata 165,33. Praktis berdasarkan respon peserta didik terhadap LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik diperoleh respon positif dengan jumlah skor rata-rata 62,56 dari skor maksimal 80. Berdasarkan hasil posttest kemampuan pemecahan masalah, LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pokok persegi panjang dan persegi. Hal ini dilihat dari 87,5% dari banyaknya peserta didik yang mengikuti posttest memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum Kompetensi Dasar (KKM KD) pada materi segiempat. Oleh karena itu, LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok persegi panjang dan persegi layak digunakan. %Z Pembimbing : Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D