%0 Thesis %9 Skripsi %A Siti Rohanah, NIM.: 16600073 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:44126 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Subject Specific Pedagogy (SSP), Creative Problem Solving (CPS), kontekstual, kubus, balok, pemecahan masalah %P 347 %T PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44126/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Creative Problem Solving (CPS) berbasis kontekstual materi kubus dan balok untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang valid. Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Creative Problem Solving (CPS) berbasis kontekstual materi kubus dan balok untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah yang disusun terdiri dari petikan silabus, RPP, LKS, Media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi pada tiga tahap saja yaitu analysis, design, dan development. Sumber data penelitian dalam SSP ini adalah validator ahli. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dari skala lembar penilaian Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Creative Problem Solving (CPS) berbasis kontekstual materi kubus dan balok untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penilaian yang masih dalam bentuk huruf diubah menjadi skor, setelah data terkumpul kemudian menghitung skor rata-rata yang dinilai, lalu dikonversikan menjadi nilai kualitatif sesuai dengan kriteria kategori penilaian ideal, dan kemudian dicari persentase keidealannya. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru, dan analisis karakter siswa, dan tahap kedua yaitu desain (design) yang meliputi penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, dan penentuan instrumen penelitian pengembangan SSP. Selanjutnya tahap pengembangan (development) meliputi pembuatan produk awal SSP, pembuatan instrumen penelitian, revisi instrumen penelitian berdasarkan masukan dosen pembimbing dan validator, dan revisi produk awal SSP berdasarkan masukan dosen pembimbing dan validator. Pada tahap ini diperoleh kualitas SSP sangat baik dengan skor rata-rata 233,25 dari skor maksimal 256 dan persentase keidealan 91,11%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Creative Problem Solving (CPS) berbasis kontekstual materi kubus dan balok untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa telah teruji valid. %Z Pembimbing : Suparni, M.Pd