@phdthesis{digilib44189, month = {December}, title = {ADAB PELAJAR DALAM KITAB HILYATU TALIBI AL-?ILMI KARYA SYEKH BAKR BIN ?ABDULLAH ABUZAID DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.:17104010006 Aminatus Solikhah}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag}, keywords = {Adab pelajar; Hilyatu Talibi al-?Ilmi; pendidikan di Indonesia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44189/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah pelajar pada masa sekarang yang kurang memperhatikan dan menerapkan adab dalam menuntut ilmu, padahal penerapan adab sangat mempengaruhi keberhasilan dalam pendidikan. Kajian mengenai adab pelajar dalam kitab Hilyatu Talibi al-"Ilmi karya Syekh Bakr bin ?Abdullah Abuzaid menjadi penting karena dapat menjadi solusi dari permasalahan kurangnya adab pelajar saat ini agar keberhasilan pendidikan tercapai. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendeskripsikan adab pelajar dalam kitab H\}ilyatu Talibi al-?Ilmi karya Syekh Bakr bin ?Abdullah Abuzaid. Kedua, untuk mendeskripsikan implementasi adab pelajar dalam kitab H\}ilyatu Talibi al-?Ilmi karya Syekh Bakr bin ?Abdullah Abuzaid dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research, dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dan pendekatan riset biografi. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunukkan bahwa: pertama, adab pelajar dalam kitab Hilyatu Talibi al-?Ilmi karya Syekh Bakr bin ?Abdulla{\ensuremath{>}}h Abuzaid terbagi menjadi empat kategori, yaitu: (1) adab pelajar terhadap diri sendiri, di antaranya meniatkan ilmu sebagai ibadah, takut kepada Allah, dan lainnya; (2) metode belajar, meliputi tahapan menuntut ilmu dan menerima ilmu langsung dari guru; (3) adab pelajar kepada guru, di antaranya menjaga kehormatan guru, menjaga semangat guru dalam mengajar, dan lainnya; (4) adab berteman, yang berupa berhati-hati dari teman yang buruk; (4) adab pelajar dalam kehidupan ilmiahnya, di antaranya menjaga ilmu dengan catatan, amanah ilmiah, dan lainnya; (6) berhias dengan amal, di antaranya meliputi zakat ilmu, berhias dengan kemuliaan ulama, dan lainnya; (7) hal-hal yang harus dijauhi, di antaranya tampil sebelum ahli, pemikiran yang prematur, dan lainnya. Kedua, secara garis besar adab-adab pelajar kitab Hilyatu Talibi al-"Ilmi masih jauh dari adab pelajar dalam konteks pendidikan di Indonesia saat ini sehingga perlu diimplementasikan dalam dunia pendidikan untuk memperbaiki adab para pelajar saat ini yang telah luntur. Hanya ada beberapa yang tampaknya sulit untuk diaktualisasikan terutama dalam pendidikan formal.} }