%0 Thesis
%9 Masters
%A Fajar Tanjung Tursina, NIM.: 17204090013
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2020
%F digilib:44236
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Program Galang Madrasah, Peningkatan Modal Aset sekolah
%P 147
%T PENINGKATAN MODAL ASET SEKOLAH  MELALUI PROGRAM GALANG MADRASAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SODAQOH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44236/
%X Salah satu sumber daya yang perlu dikelola dengan baik dalam lembaga   Pendidikan Islam adalah masalah keuangan. Terdapat beberapa problem di  lembaga tersebut, didalamnya masih mengandalkan orang tua siswa dan yayasan  atau wakaf sehingga kebutuhan pengelolaan pendidikan secara maksimal belum  terpenuhi. Madrasah dihadapkan pada permasalahan dalam manajemen  pengelolaan. lembaga pendidikan Islam yang berujung “gulung tikar” atau tutup,  karena kekurangan dana, atau pengelolaan dana yang tidak efektif. Dana BOS dari  pemerintah tersebut masih kurang untuk melaksanakan operasional dan  mengembangkan sekolah. Madrasah yang mempunyai jumlah siswa yang sedikit  harus mencari sumber dana lain agar dapat menjalankan sekolahnya. Ini yang  menjadi persoalan terutama di madrasah swasta. Jenis penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Terdapat dua sumber data  penelitian pada penelitian ini, yaitu berupa sumber data, dokumen, dan  narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah field research. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model  analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen analisis  data, yaitu : data reduksi (data reduction), penyajian data (data display), hingga  penarikan kesimpulan (data conclution).    Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa program Galang  Madrasah lahir karena keprihatinan terhadap madrasah ibtidaiyah swasta yang  semakin terpinggirkan. LAZIS YBW UII membuat konsep “madrasah unggul”  dalam membangkitkan kembali semangat madrasah untuk bangkit dan bersaing  dalam dunia pendidikan. Konsep madrasah unggul yang dibuat oleh LAZIS YBW  UII berbentuk tiga program yaitu program Sarana Dan Prasarana, program Peran  Serta Masyarakat, program Badan Usaha Milik Madrasah (BUMM), program  Insentif Guru dan Kepala Madrasah, dan program Festival Madrasah. Terdapat  enam peserta program Galang Madrasah yaitu, MI Ma’arif Garongan, MI  Muhammadiyah Garongan, MI Muhammadiyah Nglinggo, MI Muhammadiyah  Sendangmulyo, dan MI YAPPI Randukuning yang masing-masing mempunyai  kemampuan sendiri-sendiri dalam menciptakan madrasah unggul. Proses  pengembangan madrasah oleh LAZIS YBW UII menggunakan perencanaan,  pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Adapun implikasi program galang  madrasah bagi madrasah binaan LAZIS YBW UII terdapat empat aspek yaitu,  aspek sarana dan prasarana, aspek networking, aspek pembiayaan, dan aspek  kompetensi kepala madrasah dan guru.
%Z Pembimbing : Dr. H. Sabarudin, M.Si