eprintid: 44237 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/42/37 datestamp: 2021-09-14 17:01:16 lastmod: 2021-09-14 17:01:16 status_changed: 2021-09-14 17:01:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Syindi Oktaviani R. Tolinggi, NIM.: 18204020030 title: PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JENJANG SARJANA MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Kurikulum, Prodi PBA, KKNI dan SN-Dikti note: Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag. abstract: Pokok dasar penelitian ini adalah adanya tuntutan yang semakin besar agar pendidikan tinggi dapat memproduksi lulusan, termasuk lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang mampu memposisikan diri terhadap berbagai perubahan dalam perkembangan globalisasi. Mampu menjawab tantangan dunia industri, serta memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, maka seluruh perangkat pembelajaran di dalam pendidikan tinggi harus mengalami peninjauan kembali, khususnya kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dan memotret bagaimana pengembangan kurikulum di Prodi PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo mengacu KKNI dan SN-Dikti, yang terdiri dari proses perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum. Karena ketiga proses tersebut saling berkorelasi untuk dapat menciptakan lulusan yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen kurikulum Prodi PBA, Ketua dan/atau Sekretaris Prodi PBA, dosen dan tenaga pengajar, mahasiswa, serta tim pengembang kurikulum, yang merupakan sumber data utama. Sedangkan sumber data pendukung adalah data-data dari Prodi, seperti profil Prodi dan dokumen pelengkap lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) wawancara/interview, (2) pengamatan/observasi yang dilakukan pada perkuliahan daring di Prodi PBA, dan (3) dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Analisis yang dilakukan juga berpedoman pada beberapa buku panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi. Hasil analisis dalam penelitian ini menemukan: Pertama, perencanaan kurikulum di Prodi PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo telah dilakukan secara kontekstual dan terstruktur, dengan memenuhi langkah-langkah sebagaimana dalam buku panduan pengembangan kurikulum pendidikan tinggi mengacu KKNI dan SN-Dikti. Akan tetapi, penetapan keluasan dan kedalaman bahan kajian pada masing-masing mata kuliah masih belum secara rinci dan jelas. Kedua, implementasi kurikulum Prodi PBA masih belum berjalan dengan optimal, apalagi pada perkuliahan yang dilakukan secara daring (online). Belum optimalnya implementasi kurikulum tersebut dikarenakan dua hal, yaitu: (1) keberagaman persepsi dosen dan belum terpenuhinya seluruh komponen dalam RPS yang disusun oleh dosen pengampu, dan (2), perubahan perkuliahan secara daring yang terjadi tiba-tiba menyebabkan Prodi dan dosen belum siap dalam melakukan perencanaan penyesuaian perkuliahan. Ketiga, hasil dari evaluasi kurikulum masih belum ditindaklanjuti oleh Prodi dengan segera. Proses evaluasi juga belum melibatkan respon dan masukan dari mahasiswa sebagai pengguna kurikulum. date: 2020-12-28 date_type: published pages: 322 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Syindi Oktaviani R. Tolinggi, NIM.: 18204020030 (2020) PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JENJANG SARJANA MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44237/1/18204020030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44237/2/18204020030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf