TY - THES N1 - Pembimbing Dr. Maksudin,M.Ag ID - digilib44253 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44253/ A1 - Umi Septiana Anggraheni, NIM.: 17104020003 Y1 - 2021/01/22/ N2 - Latar belakang Penelitian ini adalah pada umumnya seorang santri haris faham tentang ilmu agama yang sebagian besar sumbernya dari mempelajari ilmu Nahwu Sharaf,sedangkan untuk memahaminya harus bisa memahami kaidah kaidah Nahwu Sharaf. Begitu juga Santri Madrasah Diniyah Al Hidayah Kelas 3 Wonolangu yang pembelajaranya menggunakan Metode Quwaid Dan Tarjamah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Metode Qowaid dan Tarjamah dalam pembelajaran Nahwu Sharaf di Madrasah Diniyah Al Hidayah Kelas 3, pelaksanaan,kelebihan, kekurangan implementasi Metode Qowaid dan Tarjamah,serta hasil pembelajaran Nahwu Sharaf di Madrasah Diniyah Al Hidayat Kelas 3 menggunakan Implementasi Metode Qowaid dan Tarjamah Pengumpulan data ini dengan menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisi dan kualitatif yaitu suatu metode yang menggambarkan data drengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci. Tahap pertama membacakan materi kemarin yang telah dijelaskan, tahapan kedua membacakan dan menjelaskan materi yang akan diajarkan, dan tahapan ketiga adalah memberikan waktu untuk santri agar mengulang materi yang telah dijelaskan. Hasil dari Implementasi metode Qawa'id dalam pembelajaran Nawu Sharaf Di Madrasah Diniyah Al Hidayah Kelas 3 ini ialah berdasarkan penilaian kognituif, dan psikomotorik PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Nahwu Syaraf; santri M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI METODE QOWAID DAN TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI MADRASAHDINIYAH AL HIDAYAH KELAS 3 WONOLANGU KARANG NONGKO KLATEN AV - restricted EP - 98 ER -