@phdthesis{digilib44255, month = {February}, title = {PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI PROGRAM PELATIHAN BAHASA ARAB INTENSIF (PPBAI) IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM : 99424491 ZAINATUR ROFIQOH}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Drs. Zainal Arifin, M. Ag}, keywords = {PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI PROGRAM PELATIHAN BAHASA ARAB INTENSIF (PPBAI) IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA Strategi komunikatif, Pengajaran bahasa Arab, Pelatihan bahasa Arab intensif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44255/}, abstract = {Tujuan Penelitian ini adalah uniuk mendeskripsikan penerapan strategi komunikatif dalam proses pengajaran bahasa Arab di PPBAI khususnya pada mata kuliah ta'bir syafawi dan ta 'bir tahriry dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengajaran bahasa Arab khususnya penerapan strategi komunikatif dalam mata kuliah ta'bir syafawi dan ta'bir tahriry di PPBAI yang berorientasi kompetensi komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang tertuju pada masalah yang ada pada masa sekarang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan subyek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatit: Dari uraian pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : pertama strategi pengajaran bahasa Arab yang diterapkan pada mata kuliah ta'bir syafawi terdiri dari : aktifitas diskusi (discussion), pemecahan masalah (problem solving), dan mengatakan tentang diri sendiri (talking about your self). Kedua aktifitas tersebut termasuk dalam strategi komunikatif seperti yang diungkapkan Jeremy Harmer. Jeremy Hanner sendiri membagi aktifitas strategi komunikatif ke dalam tujuh kategori, yaitu : reaching a consensus, discussion, relaying instruction, communication games, problem solving, talking about your self, simulation and role plays. Sedangkan pada mata kuliah ta'bir tahriry, menerapkan aktifitas strategi : aktifitas menulis laporan atau iklan (writing reports and advertisement), menulis jumal atau cerita ( writing journals), menulis surat ( exchanging letters). Ketiga aktifitas tersebut termasuk dalam lima aktifitas strategi komunikatif menurut Hanner. Kelima aktifitas strategi komunikatif Jeremy Harmer yaitu : relaying instructions, writing reports and advertisements, co-oprative writing, exchanging letters, writing journals. Data diatas menunjukkan bahwa strategi komunikatif belum diterapkan secara optimal, masih ada beberapa variasi strategi komunikatif yang belum diterapkan dalam pengajaran ta'bir syafawi dan tahriry di PPBAI Faktor pendukung penerapan strategi komunikatif dibagi dua, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor pendukung secara eksternal diantaranya adalah kegiatan pengajaran yang intensif, lingkungan yang kondusif dan ruang kelas yang representatif serta jumlah pembelajar yang proporsional, fasilitas pengajaran yang cukup memadai, dan sumber belajar atau buku pegangan yang tersedia} }