@phdthesis{digilib44266, month = {July}, title = {RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP MODUL BAHASA ARAB BERBASIS AKTIVITAS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/ 2020}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16420024 Ismu laela Asyiaty}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM.,}, keywords = {Buku Pelajaran, Pendidikan Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44266/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana modul bahasa Arab berbasis aktivitas kurikulum 2013, mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap modul bahasa Arab berbasis aktivitas kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTsN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/ 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di MTsN 1 Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sampel penelitian ini 20\% dari 225 peserta didik yaitu 45 peserta didik kelas VII MTsN 1 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) modul bahasa Arab berbasis aktivitas kurikulum 2013 adalah modul bahasa Arab yang disusun oleh MTsN 1 Yogyakarta berdasarkan kurikulum 2013 yang bertujuan untuk melatih kemampuan keterampilan mendengarkan keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. 2) Respon peserta didik terhadap modul bahasa Arab berbasis aktivitas kurikulum 2013 didasarkan pada 3 aspek respon, yaitu aspek kognitif, afektif dan behavioral. 3) Respon peserta didik terhadap modul bahasa Arab berbasis aktivitas kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTsN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/ 2020 adalah baik dan positif. Hal ini diperkuat dengan data prosentase 46,67\% dan ditandai dengan semangat peserta didik dalam menggunakan modul pada pembelajaran bahasa Arab di kelas.} }