eprintid: 44291 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/42/91 datestamp: 2021-09-13 04:31:08 lastmod: 2021-09-13 04:31:08 status_changed: 2021-09-13 04:31:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tanti Nur Ramadhanti, NIM: 15720048 title: RELASI KUASA DALAM KONTEN VIDEO PRANK DI YOUTUBE STUDI KASUS PADA 5 KONTEN VIDEO PRANK ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Video, Prank, Youtube, Relasi kuasa note: Ambar Sari Dewi, S.Sos., M.Si., Ph. D abstract: Penelitian ini berfokus pada konten video prank di Youtube. Prank pada awalnya didefinisikan sebagai sebuah tipuan atau suatu perbuatan jahil terhadap seseorang ataupun sekelompok orang tanpa menyebabkan bahaya atau kerusakan dan hanya untuk menjadi bahan candaan. Namun saat ini timbul keresahan masyarakat akan banyaknya konten prank yang menyebabkan adanya bahaya atau kerusakan. Melalui keresahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang bentuk-bentuk relasi kuasa dalam video prank di Youtube dengan menggunakan teori relasi kuasa Michele Foucault dan kajian humor dalam Islam. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dalam penelitian dukumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Observasi pada penelitian ini dengan mengamati dan mencatat secara sistematis seluruh kejadian yang ada pada lima sampel video prank di youtube untuk mendapatkan informasi data dalam video prank. Data temuan tersebut kemudian dianalisis dengan konsep visual dan non-visual yang masing-masing memiliki berbagai indikator untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitan menunjukan pada lima konten video prank yang diteliti, terdapat dua bentuk relasi kuasa yaitu relasi kuasa atas tubuh dan relasi kuasa atas pemikiran. Relasi kuasa atas tubuh berupa objektifikasi, dominasi, pengontrolan dan dominasi ditunjukan pada lima konten video prank yang diteliti. Sedangkan relasi kuasa atas pemikiran berupa stigmatisasi, dominasi, pengontrolan, dan dominasi hanya ditunjukan pada dua konten video prank yang diteliti. Adanya penelitian ini diharapkan mampu menambah pemahaman tentang relasi kuasa yang ada pada media sosial. Pada penelitian-penelitian selanjutnya, diharapkan agar dapat melengkapai penelitian ini dengan pembahasan yang lebih mendalam secara teoritis dan metodologis. date: 2021-06-08 date_type: published pages: 97 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Tanti Nur Ramadhanti, NIM: 15720048 (2021) RELASI KUASA DALAM KONTEN VIDEO PRANK DI YOUTUBE STUDI KASUS PADA 5 KONTEN VIDEO PRANK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44291/1/15720048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44291/2/15720048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf