TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd.I., M.SI ID - digilib44307 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44307/ A1 - ANA SAFIRA NINGRUM, NIM : 16420048 Y1 - 2020/12/16/ N2 - Ana Safira Ningrum. 16420048. Eksperimentasi Metode ?amidi dalam Pembelajaran Kha? pada Siswa Kelas IX SMP TahfidzQu Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis kha? dan metode pengajaran yang kurang efektif pada pembelajaran kha? siswa kelas IX SMP TahfidzQu. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode ?amidi dalam pembelajaran kha? yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses penerapan metode ?amidi pada pembelajaran kha? di SMP TahfidzQu Yogyakarta 2) Mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode ?amidi dan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode ?amidi pada pembelajaran kha?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan kelas IX D sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui instrumen observasi, wawancara, pretest dan posttest, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t test dan independent sample t test dengan bantuan SPSS 25, setelah melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diterapkannya metode ?amidi sebesar 50,6. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebelum diberi perlakuan sebesar 53,5. Adapun rata-rata kelas eksperimen setelah diterapkan metode ?amidi menjadi 73,3 dan rata-rata kelas kontrol setelah diberi perlakuan sebesar 65,4. Dari hasil analisis uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya, metode ?amidi berpengaruh pada pembelajaran kha?. Kemudian nilai rata-rata n-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,47 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas sedang. Sementara untuk nilai rata-rata N-Gain score pada kelas kontrol sebesar 0,26 termasuk dalam kategori tingkat efektif rendah. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode ?amidi berpengaruh dalam pembeljaran kha? dan mampu meningkatkan keefektifitasan pembelajaran kha? siswa kelas IX SMP TahfidzQu Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran kha? KW - metode ?amidi KW - metode pembelajaran kha?. M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI METODE ?AMIDI PADA PEMBELAJARAN KHA? SISWA KELAS IX SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020 AV - restricted EP - 193 ER -