%A NIM.: 17104010077 Ricky habibullah %O Pembimbing : Dr. Dwi Ratnasari, M.Ag %T PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TREMAS ARJOSARI PACITAN JAWA TIMUR %X Penelitian ini akan membahas urgensi nilai-nilai pancasila dalam konteks kehidupan, mengingat subtansi yang terkandung dalam pancasila semakin tereduksi oleh perkembangan zaman. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin kompleksnya permasalahan yang ada di tubuh masyarakat. Seperti meningkatnya kasus intoleransi, radikalisme dan terorisme. Berbagai upaya juga telah dilakukan, untuk menghadang kasus tersebut. Seperti pemaksimalan pada dunia pendidikan, baik yang formal ataupun non formal. Begitupun dengan peran pondok pesantren, yang terbukti efektif dalam mengedukasi nilai-nilai pancasila, untuk menciptakan regenerasi yang mampu mengaktualisasikan subtansi yang terkandung pada setiap nilai pancasila. Pondok Pesantren Tremas menjadi salah satu pesantren yang konsisten dalam menginternalisasikan nilai-nilai pancasila dalam pendidikan, baik kegiatan yang sifatnya edukasi, seperti yang tervisualkan pada kegiatan ngaji wetonan, roan dan sebagainya. Penelitian ini bersifat Field Research adalah riset yang dilaksanakan dikancah atau medan terjadinya gejala-gejala secara langsung terjun kelapangan dengan mendapat data langsung dari responden dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cara pondok pesantren Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur, khususnya dalam mengedukasi nilainilai pancasila dilakukan dengan cara memperkuat basis kegiatan, baik secara formal, non formal maupun informal, yang mengandung subtansi nilai-nilai pancasila. Seperti kegiatan upacara santri, ngipa, roan dan beberapa kegiatan lainya. Serta yang mengandung nilai cinta tanah air, nilai toleransi, kebersamaan, ketuhanan, gotong royong. Mengetahui faktor pendukung Guru menjadi motivator untuk santri dalam seluruh kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Tremas Arjosari Pacitan Jawa Timur, interaksi dengan masyarakat sekitar menggunakan komunikasi yang baik dan faktor penghambat, ketidak ingin tahuan santri terhadap nilai-nilai pancasila yang mengakibatkan sulitnya memahami dan mengamalkan %K nilai-nilai pancasila, Pondok Pesantren. Pendidikan %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib44333