TY - THES N1 - Pebimbing: Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I, M.S.I. ID - digilib44346 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44346/ A1 - Dicky Artanto, NIM.: 17104090028 Y1 - 2020/12/10/ N2 - Pemasaran jasa pendidikan, merupakan suatu keharusan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk menyampaikan tawaran program yang diselenggarakannya kepada masyarakat luas. Dalam melaksanakan program pemasaran hal yang perlu menjadi perhatian bagi sebuah lembaga pendidikan ialah mutu atau kualitas layanan program yang ditawarkan. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana upaya strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 1 Yogyakarta. Dalam pemasaran jasa tentu yang menjadi daya tarik ialah kualitas program yang menjadi magnet bagi lembaga pendidikan tersebut. MTsN 1 Yogyakarta telah berupaya untuk memberikan kualitas layanan pendidikan dengan maksimal melalui program kelas unggulan yang dikembangkannya, sebagai branding rintisan madrasah unggul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah kepala madrasah, seluruh wakil kepala madrasah, guru, dan komite madrasah. Pengambilan sampel didasarkan pada prinsip kriteria 3M, yakni mengetahui, memahami, dan mengalami. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman yakni dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil analisis dari penelitian membuktikan bahwa madrasah telah melakukan pemasaran jasa pendidikan dengan cara digital marketing yakni publikasi informasi madrasah melalui website dan media sosial. Serta secara konvensional yakni menjalin kerjasama dengan media massa cetak, dan penyelenggaraan event madrasah dengan melibatkan masyarakat dan stakeholder secara luas. Madrasah telah berupaya meningkatkan mutu layanan pendidikannya dengan membuka program kelas unggulan sebagai branding rintisan madrasah unggul. Dengan adanya branding tersebut diasumsikan, peminat calon peserta didik di MTsN 1 Yogyakarta pada tahun ajaran 2020/2021 mengalami kenaikan hampir tiga kali lipat, yakni berkisar 1.500 calon peserta didik dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - strategi pemasaran; mutu madrasah; madrasah unggul M1 - skripsi TI - STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTsN 1 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 168 ER -