<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN"^^ . "Ayat-ayat eskatologi yang bersifat global metaforis ternyata mempunyai berbagai \r\npenafsiran yang memperlihatkan konstruksi yang terkesan diskriminatif dalam perspektif\r\ngender. Penafsiran tentang bidadari surga misalnya, kental dengan nuansa imajinasi\r\nmaskulin dan pandangan yang menempatkan perempuan sebagai obyek seksual. Hal\r\ntersebut kontradiktif dengan konsep tauhid, hakikat kenikmatan surga, dan balasan yang\r\nadil bagi manusia baik laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengungkap genealogi dan model penafsiran ayat-ayat tentang bidadari. Selain itu, akan\r\ndiungkap perubahan makna dan pemaknaan bidadari surga serta model pelanggengan kuasa\r\npengetahuan dari masa ke masa.\r\nPenelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan.\r\nSumber data primer terdiri dari penafsiran ayat-ayat bidadari yang terdapat dalam beberapa\r\nkitab, yaitu Tafsir Ibnu Abbas, Tafsir Ibnu Mas’ud, Tafsir Mujāhid yang mewakili era\r\nklasik, tafsir aṭ-Ṭabari, az-Zamaksyari, ar-Razi, dan al-Qurthubi mewakili era pertengahan.\r\nSayyid Qutb, Hamka, dan al-Misbah mewakili era modern kontemporer. Sumber data\r\nsekunder berupa literatur yang membahas tentang penafsiran istilah bidadari, genealogi,\r\ndan berbagai literatur yang terkait dalam bentuk buku, jurnal maupun kitab. Teknik\r\npengumpulan data melalui penelusuran tafsir-tafsir, pemilihan, dan klasifikasi. Analisis\r\ndata dilakukan dengan melihat kontinuitas dan diskontinuitas pemaknaan bidadari dari\r\nmasa ke masa, melihat perbedaan penafsiran, dan mencari sebab perbedaan tersebut melalui\r\nkonsep marginalisasi dan normalisasi. Teori yang digunakan adalah teori genealogi Michel\r\nFoucault dan klasifikasi tafsir perempuan model Amina Wadud. \r\nKonsep bidadari dalam mainstream tafsir dimaknai sebagai perempuan cantik\r\ndisediakan untuk laki-laki lengkap dengan penggambaran seksis. Penafsiran ini mengalami\r\nperubahan menjadi sebuah simbol kenikmatan surga yang bisa didapatkan oleh seluruh\r\npenduduk surga. Perubahan tersebut bisa dilihat dari makna lafad azwajun muthaharatun\r\nyang sebelumnya ditafsirkan dengan “istri-istri yang suci” dan kesuciannya dihubungkan\r\ndengan segala bentuk ‘ketidaksucian’ perempuan dunia seperti haid, nifas bahkan akhlak,\r\nmenjadi “pasangan yang suci” yang kesuciannya disandarkan pada kesucian jasmani dan\r\njiwa baik untuk laki-laki. Perubahan konsep bidadari tersebut mulai terlihat pada tafsir era\r\npertengahan seperti tafsir Sayyid Qutb hingga Quraish Shihab, dilengkapi sarjana muslim\r\nyang mengusung kesetaraan gender seperti Amina Wadud dan Faqihuddin. Diskontinuitas\r\npenafsiran konsep bidadari memiliki wacana diskursif kuasa pengetahuan tersendiri yang\r\ndibangun secara sistematis melalui proses marginalisasi dan normalisasi. Marginalisasi\r\nyang ditemukan pada konsep bidadari yang mengobyektifikasi seksualitas perempuan yaitu\r\npeminggiran metode penafsiran kontekstual dan imajinasi serta pengalaman perempuan.\r\nProses tersebut didukung dengan adanya tradisi kritik sanad tanpa kritik matan, penafsiran\r\ndengan syair Jahiliah, dan generalisasi makna mufradat. Sedangkan marginalisasi dalam\r\npenafsiran konsep bidadari yang baru sebagai simbol, yaitu meminggirkan metode tekstual\r\ndan bias patriarki. Proses tersebut didukung model penafsiran holistik berbasis keadilan dan\r\nkesetaraan gender. Penafsiran konsep bidadari dapat dikelompokkan pada tiga model\r\npenafsiran yaitu penafsiran model tradisional, reaktif, dan holistik."^^ . "2020-10-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18205010026"^^ . "Mida Hardianti"^^ . "NIM.: 18205010026 Mida Hardianti"^^ . . . . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "18205010026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "GENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \r\nAl-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #44368 \n\nGENEALOGI DAN MODEL PENAFSIRAN BIDADARI DALAM \nAl-QUR’AN\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al-Qur'an" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .