<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI"^^ . "Penafsiran kisah Nabi Muhammad bermuka masam terhadap sahabat ‘Abdullah\r\nIbnu Ummi Maktūm dalam QS. ‘Abasa [80]: 1-10 cenderung ditafsirkan sebagai kajian\r\nteologi, tārīkhī maupun lughāwī. Tafsir terdahulu dinilai kurang memperhatikan nilai\r\nmaqāṣid yang terkandung didalam al-Qur’an. Padahal kekurangan atas kajian maqāṣid\r\nyang berada di dalam al-Qur’an merupakan salah satu hal yang kurang tepat dalam studi\r\ninterpretasi al-Qur’an. Oleh sebab itu muncul para tokoh tafsir maqāṣidi dari setiap\r\nperiode untuk menginisiasi signifikansi kisah al-Qur’an, namun agaknya belum terealisasi\r\ndengan baik sebagai ’ibrtan liuli al-albāb. Berangkat dari hal tersebut maka tesis ini\r\nberfokus menjawab tiga problem akademik. Pertama, bagaimana tafsir maqāṣidī\r\nditerapkan dalam kisah Nabi Muhammad bermuka masam terhadap sahabat ‘Abdullah\r\nIbnu Ummi Maktūm dalam QS. ‘Abasa [80]: 1-10. Kedua, bagaimana relasi kisah Nabi\r\nMuhammad bermuka masam terhadap sahabat ‘Abdullah Ibnu Ummi Maktūm dengan\r\nteori kema’ṣuman dan ayat ‘itab. Ketiga, mengapa maqāṣid di balik kisah QS. ‘Abasa\r\n[80]: 1-10 penting untuk dibahas.\r\nMetode ayat kisah yang digunakan adalah teori dari ‘Abd al-Karīm al-Khaṭīb dan\r\nmetode tafsir maqāṣidī Abdul Mustaqim yang secara sederhana alurnya yaitu melihat\r\nkondisi historis dan genealogis ayat al-Qur’an, memperhatikan konstruksi bahasa yang\r\ndituturkan al-Qur’an, serta mengamati konklusi new fundamental value of maqāṣid. Tesis\r\nini berargumen bahwa dengan tafsir maqāṣidi studi kisah tidak selalu dikaji sebagai\r\nkajian teologis, historis, atau bahkan sastra melainkan dikembalikan ke tujuan awal yaitu\r\nsebagai inspirasi untuk merealisasikan kemaslahatan dalam dimensi spiritual maupun\r\ndalam ranah sosial. Serta menegaskan atas kema’ṣuman sikap Nabi sebagai utusan Allah,\r\nbahkan sekalipun dikritik Allah dengan ayat ‘itāb oleh al-Qur’an, sebab tidak ada\r\nkesalahan jika Allah yang mengkritik Nabinya melainkan sebagai bentuk dari ijtihad. \r\nKesimpulan tesis ini adalah, penerapan metode tafsir maqāṣidi terhadap kisah\r\nkhususnya QS. ‘Abasa [80]: 1-10 memiliki distingsi untuk menemukan new fundamental\r\nvalue of maqāṣid yang terdiri dari dua bagian sehingga kajiannya lebih luas tidak hanya\r\nmenutup dari maqāṣid al-syari’ah yang hanya terdiri dari uṣūl al-khamsah. Pertama,\r\nmaqāṣid ẓāhir: min khārij al-nuṣūṣ (secara eksplisit) yaitu kewahyuan kitab suci alQur’an\r\n(hifẓ\r\nal-dīn),\r\nmenghargai\r\ndisabilitas\r\ndan\r\nminoritas\r\n(hifẓ\r\nal-nafs),\r\ntidak\r\nmemusuhi\r\n\r\nnon-muslim\r\n(hifz\r\nal-nafs),\r\nnahi\r\nmunkar\r\ndengan\r\nsantun\r\n(hifẓ\r\n‘aql).\r\n\r\nKedua,\r\nmaqāṣid\r\nbāṭin:\r\n\r\nmin\r\n\r\n dākhil al-nuṣūṣ, (secara implisit) yang diperoleh melalui tadabbur dan balāghah\r\nbadī’ tauriyah yang didasari atas taḥqīq al-maṣāliḥ wa dar’u al-mafāsid yaitu semangat\r\nmemperdalam ilmu agama yang mencerminkan nilai al-ḥurriyyah ma’a al-mas’ūliyyah\r\ntidak bersikap diskriminatif yang mencerminkan nilai al-‘adalah dan al-musawah\r\nmembangun ukhwah insāniyyah yang mencerminkan nilai al-wasaṭiyyah, dan beragama\r\nsecara harmonis yang menunjukkan nilai al-insaniyyah."^^ . "2020-12-04" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18205010098"^^ . "Althaf Husein Muzakky"^^ . "NIM.: 18205010098 Althaf Husein Muzakky"^^ . . . . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Text)"^^ . . . . . "18205010098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Text)"^^ . . . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #44402 \n\nSTUDI KISAH NABI MUHAMMAD BERMUKA MASAM TERHADAP SAHABAT IBNU UMMI MAKTUM DALAM QS. ‘ABASA [80]: 1-10 PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . . . "Tafsir Hadist"@en . .