%0 Thesis %9 Skripsi %A Tri Umiyati, NIM.: 14480007 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:44436 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pendidikan karakter, buku siswa %P 106 %T ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS II TEMA 5 “PENGALAMANKU” %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44436/ %X Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku siswa kelas II tema 5 “pengalamanku” kurikulum 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas II tema 5 “pengalamanku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan muatan pendidikan karakter sebagai objek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. metode analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang dikemukakan oleh Miler dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 yang terdiri dari tujuh karekter yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri. Persebaran antara nilai karakter yang satu dengan yang lainnya sudah merata tetapi jumlah persentasenya tidak sama. Pada nilai karakter religius persentasenya sebesar 12,5%. Besarnya persentasi untuk karakter jujur, santun dan peduli sama yaitu sebesar 29,16%. Nilai karakter disiplin persentasenya merupakan yang terendah yaitu sebesar 8,3%. Pada karakter tanggung jawab besar persentasenya yaitu 37,5%, dan untuk karakter percaya diri persentasenya yaitu sebesar 41,66%. Persentase nilai karakter percaya diri merupakan yang tertinggi, adapun yang terendah yaitu karakter disiplin. Jika nilai karakter diurutkan dari jumlah persentase tertinggi ke terendah yaitu percaya diri, peduli, tanggung jawab, santun dan jujur, religius, dan disiplin. %Z Izzatin Kamala, M.Pd.,