%A NIM.: 15420052 Ahmad Fahmi Asrory %O Pembimbing : Drs. Adzfar Ammar, MA %T KAIDAH-KAIDAH NAHWU DALAM SURAT AL-‘ALAQ AYAT 1-5 DAN METODE PENGAJARANNYA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaidah-kaidah nahwu yang ada pada surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan penerapan metode pengajaran qowa’id yang paling sesuai diantara Metode Qiyasiyah, Metode Istiqro`iyah dan Metode Mu’addalah terhadap pengajaran kaidah-kaidah nahwu yang ada pada surat tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi pustaka (Library Research) dengan mengumpulkan data dan pengetahuan yang terhimpun di perpustakaan dari berbagai buku, artikel, jurnal dan sebagainya yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Dan metode analisis yang digunakan adalah metode analisi deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kaidah-kaidah nahwu yang terdapat pada surat al-‘Alaq ayat 1-5 adalah Fi’il Madh, Fi’il Mudhori’, Fi’il Amr, Isim Maushul; Isim Maushul Khos dan Isim Maushul ‘Musytarok, Mubtada`, Khobar, Maf’ul Bih, Idhofah, ‘Amil Jazm, Na’at, Taukid, Wawu Isti`naf, dan Huruf Jar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwasannya Metode Pengajajaran Qowa’id yang paling sesuai untuk mengajarkan kaidah-kaidah nahwu yang ada pada surat al-‘Alaq ayat 1-5 adalah Metode Mu’addalah. Karena metode ini digunakan secara khusus untuk meninjau obyek berupa teks bacaan atau sastra. Dalam hal ini yaitu teks al-Qur`an Surat ak-‘Alaq ayat 1-5. %K Surat al-‘Alaq, Kaidah-Kaidah Nahwu, Metode Pengajaran Kaidah. %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib44442