%0 Thesis %9 Skripsi %A Rico Alfiyan, NIM.: 15420058 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:44443 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Pembelajaran, Penilaian, Covid-19. %P 105 %T PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X MAN 2 PATI TAHUN AJARAN 2020/2021 (TINJAUAN METODE DAN PENILAIAN) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44443/ %X Latar belakang dari penelitian ini dipengaruhi oleh keadaan pembelajaran yang tiba-tiba berubah karena adanya pandemi covid-19. Sehingga itu berdampak kepada metode pembelajaran dan juga penilaian, yang awalnya metode sudah direncanakan untuk pertemuan di kelas, tetapi pembelajaran dilaksanakan tidak di kelas. Begitu pula dengan penilaian yang awalnya dilakukan oleh guru, tetapi sekarang dilakukan dengan bantuan komputer yang berlangsung di dalam e-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian adalah selama pandemi covid-19 metode yang diterapkan adalah ceramah yang dikemas ke dalam bentuk video yang diunggah di e-learning, kemudian guru juga menerapkan metode penugasan. Penilaian dilaksanakan dengan memberi tugas-tugas pilihan ganda kepada siswa melalui e-learning yang berupa ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. %Z Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I