%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Anis Rohmatun Sholihah, NIM.: 16430037
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2021
%F digilib:44446
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Living Qur’an, Karakter Anak Usia Dini, KB Riyadus Salihin
%P 191
%T IMPLEMENTASI PROGRAM LIVING QUR’AN  UNTUK MENANAMKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB RIYADUS SALIHIN MOYUDAN SLEMAN
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44446/
%X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pentingnya  membentuk karakter anak sesuai ajaran Al-Qur’an yang dapat dilakukan  dalam kehidupan sehari-hari. KB Riyadus Salihin adalah salah satu KB  yang berbasis islam dan mengunggulkan pembelajaran keagamaan.  Salah satu keunggulanya dengan adanya program living Qur’an yang  sudah ditekankan kepada anak sejak dini. Fokus penelitian dalam  penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana cara guru  mengimplementasikan program living Qur’an untuk menanamkan  karakter anak di KB Riyadus Salihin. (2) Apa faktor pendukung dan  penghambat dalam implementasi program living Qur’an di KB Riyadus  Salihin.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru  mengimplementasikan program living Qur’an untuk menanamkan  karakter anak dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung  guru dalam implementasi program living Qur’an di KB Riyadus Salihin  Moyudan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di KB Riyadus Salihin  Moyudan Sleman. Pengumpulan data diambil dengan observasi melalui  sosial media, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan  dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan  menarik kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dengan  menggunakan triagulasi teknik dan triagulasi sumber.  Hasil penelitian yaitu: (1) Implementasi program living Qur’an  untuk menanamkan karakter anak usia dini. KB Riyadus Salihin dalam  penerapan program living Qur’an dilakukan dengan membaca ayat dan  artinya, melalui metode yang menarik seperti: permainan, sosiodrama  dan pembiasaan. (2) faktor pendukung guru dalam menerapkan program  living Qur’an meliputi: kreativitas guru, kerjasama guru dan orang tua,  sarana dan prasarana yang menunjang, alat peraga, pemberian tugas, dan  pemberian motivasi. Adapun Faktor penghambat guru dalam  menerapkan program living Qur’an meliputi: tidak semua orang tua  dapat mendampingi anak belajar secara maksimal, sulitnya  mengoperasikan teknologi untuk menghasilkan media yang menarik,  guru kurang inovatif, kurang maksimal dalam membangkitkan minat dan  tuntutan administrasi yang banyak.
%Z Pembimbing : Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.