TY  - THES
N1  - Pembimbing : Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
ID  - digilib44446
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44446/
A1  - Anis Rohmatun Sholihah, NIM.: 16430037
Y1  - 2021/03/09/
N2  - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pentingnya
membentuk karakter anak sesuai ajaran Al-Qur?an yang dapat dilakukan
dalam kehidupan sehari-hari. KB Riyadus Salihin adalah salah satu KB
yang berbasis islam dan mengunggulkan pembelajaran keagamaan.
Salah satu keunggulanya dengan adanya program living Qur?an yang
sudah ditekankan kepada anak sejak dini. Fokus penelitian dalam
penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana cara guru
mengimplementasikan program living Qur?an untuk menanamkan
karakter anak di KB Riyadus Salihin. (2) Apa faktor pendukung dan
penghambat dalam implementasi program living Qur?an di KB Riyadus
Salihin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru
mengimplementasikan program living Qur?an untuk menanamkan
karakter anak dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
guru dalam implementasi program living Qur?an di KB Riyadus Salihin
Moyudan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di KB Riyadus Salihin
Moyudan Sleman. Pengumpulan data diambil dengan observasi melalui
sosial media, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan
menarik kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dengan
menggunakan triagulasi teknik dan triagulasi sumber.
Hasil penelitian yaitu: (1) Implementasi program living Qur?an
untuk menanamkan karakter anak usia dini. KB Riyadus Salihin dalam
penerapan program living Qur?an dilakukan dengan membaca ayat dan
artinya, melalui metode yang menarik seperti: permainan, sosiodrama
dan pembiasaan. (2) faktor pendukung guru dalam menerapkan program
living Qur?an meliputi: kreativitas guru, kerjasama guru dan orang tua,
sarana dan prasarana yang menunjang, alat peraga, pemberian tugas, dan
pemberian motivasi. Adapun Faktor penghambat guru dalam
menerapkan program living Qur?an meliputi: tidak semua orang tua
dapat mendampingi anak belajar secara maksimal, sulitnya
mengoperasikan teknologi untuk menghasilkan media yang menarik,
guru kurang inovatif, kurang maksimal dalam membangkitkan minat dan
tuntutan administrasi yang banyak.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Living Qur?an
KW  -  Karakter Anak Usia Dini
KW  -  KB Riyadus Salihin
M1  - skripsi
TI  - IMPLEMENTASI PROGRAM LIVING QUR?AN  UNTUK MENANAMKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB RIYADUS SALIHIN MOYUDAN SLEMAN
AV  - restricted
EP  - 191
ER  -