@phdthesis{digilib44449, month = {March}, title = {PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16600064 Yuhaniz}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.}, keywords = {Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, Hasil Belajar Matematika.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44449/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh positif kecerdasan emosional dan self efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Yogyakarta pada kelas IX E dan IX F tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu menggunakan judgement expert sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kecerdasan emosional dan skala self efficacy. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu menggunakan analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional dan self efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa.} }