@phdthesis{digilib44453, month = {March}, title = {KONSEP PENDIDIK DALAM AL QURAN SURAH AR-RAHMAN AYAT 1-4 (TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104010037 Tiara Lintang Pratiwi}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA.}, keywords = {Konsep Pendidik, Ar-Rahman 1-4, Tafsir Al-Misbah.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44453/}, abstract = {Latar Belakang Penelitian ini adalah tentang pentingnya konsep pendidik dalam Al Quran Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 untuk diterapkan oleh pendidik baik dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di lingkungan masyarakat. Sebab pendidik merupakan orang yang memiliki peran sangat penting dalam dunia pendidikan. Melihat fenomena kekinian tentang permasalahan pendidik yang hanya melakukan tranfer ilmu saja agaknya penting untuk setiap pendidik memahami dan menerapkan konsep pendidik yang terdapat dalam Al Quran terlebih lagi Al Quran Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 yang ditafsirkan menggunakan Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah sendiri sangat memudahkan bagi para pembacanya karena tafsir ini menggunakan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (kepustakaan) adapun metode yang digunakan yakni Studi Dokumentasi dan Tahlili (analitis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidik dalam Al Quran Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 (Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) adalah: 1). Konsep yang terdapat dalam surah Ar-Rahman ayat 1-4 (Tafsir Al-Misbah M. Quraish Sihab) yaitu konsep kepribadian yang baik, konsep ilmu pengetahuan yang luas, konsep pengembangan potensi peserta didik, konsep keahlian berbicara 2).Relevansinya dengan dunia kekinian yakni jika setiap konsep yang terdapat dalam surah Ar-Rahman ayat 1-4 memiliki keterkaitan satu sama lainnya dan tidak dapat dipisahkan, semua konsepnya memiliki relevansi terhadap dunia pendidikan saat ini, relevansi yang dimaksud yakni jika setiap konsep yang terdapat dalam surah Ar-Rahman ayat 1-4 dipahami dan diterapkan oleh pendidik, maka pendidik dapat dengan mudah mencetak peserta didik yang baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.} }