%0 Thesis %9 Skripsi %A Ulfatus Sa’adah, NIM.: 17104030078 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:44457 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Upaya Guru, Disiplin, Pembelajaran Daring %P 144 %T UPAYA GURU MENANAMKAN KEDISIPLINAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI 1 KALASAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44457/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menanamkan kedisiplinan anak melalui pembelajaran daring pada masa pandemi pada kelompok A di TK Islam Bakti 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru TK Islam Bakti 1 Kalasan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru menanamkan kedisiplinan melalui pembelajaran daring pada masa pandemi pada kelompok A di TK Islam Bakti 1 Kalasan, yaitu dengan melakukan pembiasaan kegiatan positif, pemberian instruksi, dan memberikan reward. (2) Faktor pendukung guru dalam upaya menanamkan kedisiplinan melalui pembelajaran daring pada masa pandemi pada kelompok A adalah peran orang tua, lingkungan belajar dan kerjasama antara guru dengan orag tua. Sedangkan faktor penghambat guru dalam menanamkan kedisiplinan melalui pembelajaran daring pada masa pandemi pada kelompok A di TK Islam Bakti 1 Kalasan adalah jaringan internet dan kesibukan orang tua %Z Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M. Ag.