TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Moch. Fuad, M.Pd. ID - digilib44459 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44459/ A1 - Rifatin Khasanah, NIM.: 17104010126 Y1 - 2021/03/30/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Microsoft Teams kelas XI MIPA 3 MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang implementasi, faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Microsoft Teams kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi lapangan di MAN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu Guru Sejarah Kebudayaan Islam serta siswa kelas XI MIPA 3. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pembelajaran SKI berbasis Microsoft Teams kelas XI MIPA 3 MAN 1 Yogyakarta telah berjalan dengan baik yaitu dilaksanakan 2 JPL (2 x 40 menit) per dua minggu sekali. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tidak serta merta berisi materi pembelajaran saja, tetapi guru menerapkan pembelajaran diluar kelas yaitu dengan mengamati lingkungan sekitar dan merealisasikan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap masyarakat. (2) Hasil dari pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MIPA 3 MAN 1 Yogyakarta yaitu penggunaan media Microsoft Teams dalam pembelajaran terbukti dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan, cara penyampaian materi oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam yang menarik, bervariasi dalam mengelola media pembelajaran, penyampaian materi jelas dan mengasikkan. 3) Faktor pendukung dalam pembelajaran SKI berbasis Microsoft Teams kelas XI MAN 1 Yogyakarta adalah kebijakan Madrasah dalam membuat dan melaksanakan program pembelajaran berbasis media digital, lebih efisien, efektif, fleksibel waktu dan tempat, dan memacu daya kreatif siswa yang cerdas. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah sinyal yang kurang mendukung, guru tidak dapat berinteraksi langsung dengan siswa, tidak semua perangkat mendukung aplikasi yang digunakan , dan dapat mengganggu kesehatan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran SKI berbasis Microsoft Teams KW - Madrasah M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS MICROSOFT TEAMS KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 139 ER -