@phdthesis{digilib44464, month = {May}, title = {PERSPEKTIF GURU DAN SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATERI AQIQAH DAN QURBAN PAI KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PAKEM DI MASA PANDEMI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM : 14480061 Muhammad Nur Hamid Fauzi}, year = {2021}, note = {Izzatin Kamala S.Pd.,M.Pd.}, keywords = {Proses, Pembelajaran google classroom , aqiqah dan qurban, pandemic COVID-19}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44464/}, abstract = {Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan skunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model alir oleh Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dimana data primer divalidasi melalui wawancara dengan guru mata pelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi aqiqah dan qurban kelas V SD Muhammadiyah Pakem Sleman Yogyakarta meliputi (a) tujuan pembelajaran materi tata surya ini peserta didik mampu mengetahui pengertian,ketentuan, macam hewan yang bisa digunakan , dan hikmah dari syariat aqiqah dan qurban (b)materi pelajaran: guru memberikan materi dengan rinci. (c) media yang digunakan guru berupa gambar, dan video (d) metode yang digunakan metode ceramah (e) strategi mengajar guru dengan menyampaikan poin-poin penting, (f) hasil penilaian pembelajaran google classroom berhasil mencapai KKM secara klasikal, (2) persepsi siswa terhadap pembelajaran google classroom masa pandemic COVID-19 materi aqiqah dan qurban yaitu: (a) materi aqiqah dan qurban yang menarik, (b) media gambar, vide dan powerpoint dapat memberikan pemahaman kepada siswa, (c) faktor pendukung: motivasi dalam diri siswa, bimbingan orangtua, (d) faktor penghambat : kurangnya manajemen waktu, keadaan rumah yang tidak kondusif, sebagian siswa masih terkendala akses internet, (e) kelebihan: lebih efektif, siswa belajar mandiri, (f) kekurangan: tidak ada praktikum pada materi aqiqah dan qurban. (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi aqiqah dan qurban, (a) media yang paling efektif digunakan video (b) hasil belajar cukup tinggi, (c) metode ceramah hampir 90 \% yang menyimak (d) faktor penghambat : siswa belum siap dalam pembelajaran digital (e) faktor pendukung: siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran karena menjadi hal yang baru bagi siswa. (f) kelebihan: efektif (g) kekurangan: pemahaman siswa terhadap materi akan berbeda ketika tatap muka secara langsung sebagaimana di gedung sekolah, dan kedisiplinan siswa masih kurang.} }