%A NIM.: 14480070 TOYIB NURHAMID %O Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd. %T MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN %X Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19. Adanya peraturan pemerintah yang menghendaki adanya kegiatan belajar mengajar jarak jauh atau daring membuat sekolah beserta unsur-unsur di dalamnya ikut beradaptasi dengan perubahan ini. Pelaksanaan pembelajaran daring memicu perubahan yang signifikan dalam pola belajar. Hal ini dapat berpengaruh kepada motivasi belajar peserta didik yang secara karakteristik di usia 10-12 tahun adalah usia bermain dan aktif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik selama pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Godean. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif-kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui kuesioner/angket dengan skala Guttman. Data didasarkan pada penelitian populasi dengan responden sebanyak 48 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: dari total 48 peserta didik terdapat 47 peserta didik (97,91%) berada pada kategori motivasi tinggi dan terdapat 1 peserta didik (2,09%) berada pada kategori motivasi rendah. %K Motivasi, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPA. %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib44472