eprintid: 44473 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/44/73 datestamp: 2021-09-16 07:50:56 lastmod: 2021-09-16 07:50:56 status_changed: 2021-09-16 07:50:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Apri Sabilla Hidayah, NIM.: 14480101 title: ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS 3 SD/MI TEMA 1 REVISI 2018 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Buku Siswa, Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik note: Izzatin Kamala, M. Pd. abstract: Penelitian ini akan membahas dan menganalisa buku tematik siswa kelas 3 tema 1 revisi 2018 dan diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan meningkatkan kualitas perumusan selanjutnya. Bagaimana pendekatan saintifik pada buku tematik siswa kelas 3 tema 1 revisi 2018 kurikulum 2013? Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pendekatan saintifik buku teks tematik kelas 3 tema 1 revisi 2018 kurikulum 2013. Pendekatan saintifik mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan, yakni penonjolan pada dimensi pengamatan, penalaran, penemuan, pengabsahan dan penjelasan tentang suatu kebenaran. Pendekatan ilmiah merupakan suatu cara atau mekanisme untuk mendapatkan pengetahuan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah. Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan sauatu proses ilmiah. Karena itu Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pedekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan. Jenis penelitian digunakan dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Karakteristik penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan saintifik pada buku siswa kurikulum 2013 kelas 3 tema 1. Menggunakan studi dokumenter. Merupakan salah satu Teknik pengumpulan datadengan menghimpun dan menganalisis dokumen. Hasil penelitian bahwa buku tematik siswa kelas III tema “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memuat aspek-aspek pendekatan saintifiksehingga dapat dilaksanakan saat kegiatan pembelajaran. Aspek yang terdapat pada buku temataik siswa diantaranya mengamati, menanya, mencoba, menalar serta mengkomunikasikan. date: 2021-06-09 date_type: published pages: 110 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Apri Sabilla Hidayah, NIM.: 14480101 (2021) ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS 3 SD/MI TEMA 1 REVISI 2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44473/1/14480101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44473/2/14480101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf