@phdthesis{digilib44477, month = {May}, title = {NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL ?AKSI KOCAK NURUDDIN? KARYA HARLIS KURNIAWAN SERTA RELEVANSINYA PADA SISWA MI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 14480107 Nurul Dwi Minarsih}, year = {2021}, note = {Dra. Hj. Maemonah M, Ag}, keywords = {Nilai Sosial, Madrasah Ibtidaiyah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44477/}, abstract = {Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja nilai-nilai sosial yang ada dalam novel ?Aksi Kocak Nuruddin? karya Harlis Kurniawan, (2) bagaimanakah relevansi novel ?Aksi Kocak Nuruddin? karya Harlis Kurniawan pada perkembangan sosial anak usia MI. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai-nilai sosial yang ada dalam novel ?Aksi Kocak Nuruddin? karya Harlis Kurniawan, (2) mendeskripsikan relevansi novel ?Aksi Kocak Nuruddin? karya Harlis Kurniawan pada pada perkembangan sosial anak usia MI. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulsi metode. Teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan nilai-nilai sosial dalam novel ?Aksi Kocak Nuruddin? yaitu senang berbagi dan membantu sesama maupun orang yang membutuhkan, menyayangi kedua orang tua, menghormati dan menyambung silaturahmi dengan sahabat orang tua yang sudah meninggal, senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain, melakukan kewajiban beribadah sesuai perintah agama, belajar dengan tekun dan penuh semangat, mengembangkan rasa ingin tahu, dan berusaha keras memajukan negara dengan mengabdi dan mengamalkan ilmu di negara sendiri. Nilai-nilai sosial tersebut relevan bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah karena dapat dijadikan sebagai alat untuk membangun sikap sosial anak sejak dini, dapat diterapkan anak-anak baik di lingkungan keluarga maupun sekolah, menyertakan gambar ilustrasi pada setiap kisahnya, dan dapat mendukung ketercapaian tugas perkembangan anak usia Madrasah Ibtidaiyah.} }