TY - THES N1 - Dr. Ichsan, M. Pd ID - digilib44495 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44495/ A1 - Ufi Kholidatul Mu?affah, NIM: 15430009 Y1 - 2021/04/28/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti pada kelompok B RA Tanwirul Qulub (5-6 tahun) Balongdowo Kepohbaru Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Peneliti menemukan bahwa para siswa mau membantu teman yang membutuhkan bantuan, mau berbagi makanan, mau antri, mau mengembalikan alat tulis yang telah dipinjam dari temannya dsb. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang perilaku disiplin pada Kelompok B RA Tanwirul Qulub (5-6 tahun) Balongdowo Bojonegoro tersebut. Adanya perilaku disiplin ini tentunya tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi disiplin pada anak kelompok B RA Tanwirul Qulub Balongdowo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data jenis observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun yang menjadi responden dalam wawancara adalah guru kelas yang berjumlah 1, satu kepala sekolah, seluruh murid di kelas TK B Tanwirul Qulub yang berjumlah 14 beserta orang tua mereka. Kemudian teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi disiplin pada anak kelompok B RA Tanwirul Qulub Balongdowo adalah faktor fisiologi dan faktor psikologis. Dari faktor fisiologi, anak memiliki fisik yang bagus, tidak memiliki riwayat penyakit dan tidak memiliki keterbatasan fisik. Dari faktor psikologis, anak memiliki minat dan motivasi yang bagus dalam belajar dan sekolah. Selain itu, anak juga memiliki kemampuan yang baik dalam memahami pelajaran. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi disiplin pada anak kelompok B RA Tanwirul Qulub Balongdowo adalah a) faktor lingkungan sekolah, sekolah memiliki administrasi yang baik, kemudian ditunjang oleh suasana kelas yang nyaman dan media belajar yang memadai. Guru sangat memperhatikan sikap disiplin pada anak, dan teman-teman satu kelas juga berperilaku baik; b) faktor masyarakat, anak-anak berada di lingkungan desa yang bersih, nyaman dan sejuk. Rumah antara satu siswa dengan yang lain berdekatan, jadi mudah untuk meminjam peralatan sekolah, ataupun belajar bersama. Di samping itu, masyarakatnya memiliki adat atau kebiasaan yang rutin; c) faktor keluarga, sebagian besar anak-anak memiliki banyak anggota dalam keluarganya, sehingga mereka lebih banyak mendapatkan perhatian dalam hal kedisiplinan; Rata-rata pendidikan terakhir orang tua anak-anak adalah SMA. Namun, untuk standar kehidupan orang desa, lulusan SMA sudah termasuk pendidikan tinggi; Hanya ada beberapa dari keluarga anak kelompok B RA Tanwirul Qulub yang memiliki balita, sehingga mendukung pola kedisiplinan yang baik; dan Rata-rata penghasilan orang tua kurang dari atau kurang lebih 500.000. Hal ini menjadikan orang tua mempunyai banyak waktu untuk anak-anaknya di rumah sehingga bisa meningkatkan sikap disiplin anak. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - disiplin anak usia dini KW - faktor internal KW - faktor eksternal M1 - skripsi TI - FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN PADA ANAK KELOMPOK B (5-6 TAHUN) RA TANWIRUL QULUB BALONGDOWO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 AV - restricted EP - 136 ER -