%A NIM. 15600002 Bagus Tri Atmojo %O Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd %T PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF-CONCEPT SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah ada pengaruh kecemasan matematika saat pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh self-concept saat pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh kecemasan matematika dan self-concept saat pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bantul pada kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu menggunakan simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kecemasan matematika dan skala self-concept. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu menggunakan analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji kelayakan model. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan self-concept terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh kecemasan matematika dan self-concept secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa yang signifikan. %K Kecemasan Matematika, Self-Concept, Hasil Belajar Matematika, Pandemi COVID-19 %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib44496