@phdthesis{digilib44497, month = {April}, title = {PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 15600033 ROKYUL AMIN}, year = {2021}, note = {Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd}, keywords = {Kecemasan Matematika, Fasilitas Belajar Di Rumah, Hasil Belajar Matematika}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44497/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh negatif kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika siswa ; 3) apakah ada pengaruh kecemasan matematika dan fasilitas belajar di rumah bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasioanl. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bayat di kelas VIII A dan VIII B tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, teknik pengambilan sampelnya cluster sampling. Istrumen yang digunakan untuk menggunakan data dari tes skala kecemasan matematika dan tes skala fasilitas belajar di rumah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh negatif kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika siswa ; 3) terdapat pengaruh kecemasan matematika dan fasilitas belajar di rumah bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa.} }