eprintid: 44497 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/44/97 datestamp: 2021-09-17 01:44:21 lastmod: 2021-09-17 01:44:21 status_changed: 2021-09-17 01:44:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROKYUL AMIN, NIM. 15600033 title: PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Kecemasan Matematika, Fasilitas Belajar Di Rumah, Hasil Belajar Matematika note: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh negatif kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika siswa ; 3) apakah ada pengaruh kecemasan matematika dan fasilitas belajar di rumah bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasioanl. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bayat di kelas VIII A dan VIII B tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, teknik pengambilan sampelnya cluster sampling. Istrumen yang digunakan untuk menggunakan data dari tes skala kecemasan matematika dan tes skala fasilitas belajar di rumah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh negatif kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika siswa ; 3) terdapat pengaruh kecemasan matematika dan fasilitas belajar di rumah bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. date: 2021-04-16 date_type: published pages: 128 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ROKYUL AMIN, NIM. 15600033 (2021) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44497/1/15600033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44497/2/15600033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf