TY - THES N1 - Drs. Moch. Fuad, M. Pd ID - digilib44499 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44499/ A1 - NUR NGAISAH FADILAH UTAMI, NIM. 16410070 Y1 - 2021/03/29/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah Fiqih termasuk sebagian dari mata pelajaran yang harus dipelajari menurut Islam karena fiqih merupakan ilmu-ilmu yang membahas tentang tata cara beribadah yang baik dan benar menurut syariat. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran fiqih di lembaga pendidikan formal belum sepenuhnya dapat terlaksana dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengajian Kitab Taqrib, bagaimana pencapaian peningkatan pemahaman fiqih setelah mengikuti pengajian Kitab Taqrib, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengajian Kitab Taqrib. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pengajian Kitab Taqrib dalam meningkatkan pemahaman Fiqih kelas XI di MA Sunan Pandanaran tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Sunan Pandanaran. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan Pengajian Kitab Taqrib dalam peningkatan pemahaman Fiqih dilaksanakan sebagai kegiatan tambahan dalam pembelajaran. (2) Peningkatan pemahaman Fiqih siswa yang diperoleh dengan mengikuti pengajian Kitab Taqrib ini, antara lain: siswa dapat membaca Kitab berahasa Arab dan menerjemahkan kedalam Bahasa Jawa, siswa dapat menulis Arab Pegon dengan baik dan benar, siswa dapat menghafal bacaan-bacaan dalam beribadah, siswa dapat mendeteksi dan menguraikan permasalahan Fiqih dalam kehidupan sehari-hari, serta siswa menyadari bahwa Ibadah harus dilaksanakan secara konsisten sesuai dengan syariat Islam. (3) Faktor pendukung pelaksanaan pengajian ini diantaranya yaitu minat dan motivasi siswa mengikuti pengajian Kitab Taqrib, kemampuan dasar siswa memahami Kitab Taqrib, serta keadaan siswa yang wajib berasrama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan media, perubahan jadwal pembelajaran, serta keadaan pandemi Covid-19. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran KW - Kitab Taqrib KW - Fiqih M1 - skripsi TI - PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB TAQRIB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH KELAS XI DI MA SUNAN PANDANARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 AV - restricted EP - 140 ER -