eprintid: 44512 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/45/12 datestamp: 2021-09-17 04:26:37 lastmod: 2021-09-17 04:26:37 status_changed: 2021-09-17 04:26:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Arief Bahtiar Rifai, NIM.: 1620411030 title: ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: B subjects: an_teks divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Analisis Kesalahan, Al ‘Adad-Ma’dud, Mudzakar Muannats note: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M.SI M. Pd abstract: Penulisan tesis ini berangkat dari permasalahan yaitu Bagaimana mahasiswa menerapkan kaidah nahwu-shorof dalam penulisan kalimat sempurna dalam bahasa Arab yang memiliki kesesuaian antara fi'il dan fa'il ataupun antara muzakkar-muannas dan juga al „adad-ma‟dud. Maka permasalahan ini dapat dirinci menjadi beberapa Sub yang meliputi: (1) Mengapa terjadi kesalahan berbahasa Arab al „adad-ma‟dud dan muzakkar-muannas? (2) Di manakah letak kesalahan bahasa Arab al „adad-ma‟dud dan muzakkar-muannas (3) Apa saja faktor penyebab kesalahan penulisan bahasa Arab (4) Bagaimana upaya mahasiswa menghindari kesalahan bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif dengan mendeskripsikan kesalahan bahasa Arab pada skripsi mahasiswa PBA UMY, Dengan pendekatan analisis kesalahan, Peneliti dapat melakukan pendekatan analisis kesalahan yaitu mengidentifikasi kesalahan, mengklasifikasikan kesalahan berdasarkan kategori adad ma'dud dan muzakkar-muannas, mendeskripsikan kesalahan serta menganalisis faktor penyebab kesalahan berdasarkan fenomena kebahasaan yang muncul dalam skripsi mahasiswa PBA UMY. Belajar bahasa asing adalah suatu fenomena kebahasaan yang telah lama menjadi perhatian paralinguistik salah satu pendekatan yang dilakukan para peneliti dalam menelaah kesalahan tersebut adalah dengan menggunakan analisis kesalahan atau dalam bahasa Arab disebut dengan tahlilul akhto, ialah sebuah prosedur kerja yang memiliki langkah-langkah tertentu yang meliputi pengumpulan sampel, mengidentifikasi kesalahan, mengevaluasi atau menilai suatu kata dengan taraf kesalahan al „adad-ma‟dud dan Muzakkarmuannas. Penelitian ini mengungkapkan hasil terhadap kesalahan berbahasa Arab yang dilakukan oleh mahasiswa PBA UMY. dalam memperoleh data peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan teknik analisis kesalahan terhadap skripsi mahasiswa PBA FPB UMY yang mana telah menentukan jenis kesalahan yaitu al „adad-ma‟dud dan Muzakkar-muannas. Setelah data di klasifikasikan, kemudian dilakukan evaluasi kesalahan yang mana pada evaluasi meliputi koreksi terhadap kesalahan dan penghitungan intensitas atau kuantitas dalam satu kategori kesalahan. Ini dilakukan terhadap tulisan-tulisan di dalam skripsi mahasiswa pba UMY yang dianggap menyimpang dari tata bahasa Arab yang benar sehingga menimbulkan kesalahan ataupun penafsiran pemahaman terhadap pembaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat 80 kesalahan dari 2 kategori tersebut. 48 kesalahan kategori muzakkar-muannas dan 32 kesalahan kategori al „adad-ma‟dud. Data tersebut menunjukkan bahwa 60% melakukan kesalahan kategori muzakkar-muannas dan 40% melakukan kesalahan al „adad-ma‟dud. Jenis kesalahan al „adad-ma‟dud Al Asli meliputi (adad mufrod, adad murokab, adad uqud dan adad ma‟tuf) dan al „adad-ma‟dud Tartibi, Faktor penyebab kesalahan yaitu faktor linguistik dan faktor sosial linguistik, untuk menghindari kesalahan berbahasa pembelajar harus fokus terhadap kaidah bahasa Arab nahwu-shorof serta teliti dalam penerjemahan dan dan harus mempelajari analisis sebuah kalimat untuk mengaplikasikan tata bahasa ilmu nahwu dan shorof. date: 2020-12-16 date_type: published pages: 166 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Arief Bahtiar Rifai, NIM.: 1620411030 (2020) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44512/2/1620411030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44512/1/1620411030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf