eprintid: 44522 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/45/22 datestamp: 2021-09-17 06:17:15 lastmod: 2021-09-17 06:17:15 status_changed: 2021-09-17 06:17:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nabila Rizka Irbah La Moma, NIM. 16670021 title: Pengembangan Video Lagu Kimia Materi Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Kelas XI SMA/MA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: penelitian pengembangan, media pembelajaran, video lagu, hidrokarbon. note: Muhammad Zamhari, S. Pd. Si., M. Sc abstract: Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Media yang tepat dapat meningkatkan minat peserta didik. Hal tersebut sebaiknya ada pada mata pelajaran kimia salah satunya pada materi hidrokarbon karena kurangnya minat dan pemahaman peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang menarik yaitu musik video. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik, kualitas, dan respon peserta didik terhadap produk pengembangan video lagu kimia materi hidrokarbon sebagai media pembelajaran alternatif untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, development, disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap development. Produk dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga peer reviewer . Penilaian kualitas produk dilakukan oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, lima reviewer (guru kimia SMA/MA), dan direspon sepuluh peserta didik. Angket penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert, sedangkan angket respon peserta didik mengguanakan skala Guttman. Hasil akhir produk berupa empat video lagu dengan materi senyawa hidrokarbon, alkana, alkena, dan alkuna. Hasil penilaian kualitas produk oleh dosen ahli materi mendapatkan peresentase 81,25 % dengan kategori Sangat Baik, penilaian kualitas produk oleh dosen ahli media mendapatkan peresentase 95,94 % dengan kategori Sangat Baik, dan penilaian kualitas produk oleh reviewer mendapatkan peresentase 92 % dengan kategori Sangat Baik. Produk direspon positif oleh peserta didik dan mendapatkan peresentase 94,5 % dengan kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukkan bahwa produk video lagu kimia materi hidrokarbon memiliki karakteristik yaitu adanya kejelasan pesan pada tiap video lagu (clarity of message), dapat berdiri sendiri (stand alone), dan liriknya bersahabat (user friendly), serta produk video lagu kimia materi hidrokarbon sebagai media pembelajaran alternatif untuk kelas XI SMA/MA layak digunakan sebagai media pemeblajaran. date: 2021-05-07 date_type: published pages: 273 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nabila Rizka Irbah La Moma, NIM. 16670021 (2021) Pengembangan Video Lagu Kimia Materi Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44522/1/16670021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44522/2/16670021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf