%0 Thesis %9 Skripsi %A Robitoh Husna, NIM. 16680048 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:44523 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul, Mind Map, Bakteri, Sumber Belajar %P 158 %T PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS MIND MAP PADA MATERI BAKTERI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44523/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Biologi Berbasis Mind Map Pada Materi Bakteri Sebagai Sumber Belajar Mandiri serta mengetahui kualitas modul yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan Modul Biologi Berbasis Mind Map pada Materi Bakteri yang memiliki 2 versi wujud yakni cetak dalam bentuk buku dan elektronik dalam bentuk pdf. Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan modul adalah perencanaan, pengembangan dan penilaian. Produk dikembangkan dengan aplikasi Microsoft Word 2016, Mind Map Lite 1.63, Corel Draw X7, dan PDF-XChange Editor. Produk dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru biologi, 5 peer reviewer dan 15 siswa kelas X SMA. Instrumen penilaian yang digunakan berupa angket check list data kualitatif yang dikonversi menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skala likert. Hasil penilaian menunjukkan bahwa Modul Biologi Berbasis Mind Map pada Materi Bakteri memiliki kualitas “Sangat Baik” dangan persentase keidealan sebesar 84,3%. Respon siswa terhadap Modul Biologi Berbasis Mind Map pada Materi Bakteri termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan sebesar 87,1%. Dengan demikian Modul Biologi Berbasis Mind Map pada Materi Bakteri layak digunakan sebagai sumber belajar madiri siswa kelas X SMA / MA. %Z Sulistiyawati, M.Si