eprintid: 44528 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/45/28 datestamp: 2021-09-17 06:54:59 lastmod: 2021-09-17 06:54:59 status_changed: 2021-09-17 06:54:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Irfan Ilhami, NIM.: 16202010015 title: KOMODIFIKASI SIMBOL – SIMBOL ISLAM DALAM VIDEO KLIP KAMPANYE GUS IPUL - PUTI PADA PILKADA JAWA TIMUR 2018 ispublished: pub subjects: PA divisions: kom_penyi full_text_status: restricted keywords: Simbol Islam, Komodifikasi, Video Klip, Pilkada, Gus Ipul – Puti. note: Pembimbing : Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si. abstract: Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui simbol – simbol yang terdapat dalam video klip kampanye Gus Ipul – Puti pada Pilkada Jawa Timur tahun 2018, mengetahui bagaimana komodifikasi simbol – simbol Islam dalam video klip Kamapnye Gus Ipul – Puti pada Pilkada Jawa Timur 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Analisis, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode triangulasi, adapun informan yang dipilih yaitu; lima orang, satu orang ketua tim pemenangan, satu orang dari tim media kampanye, dan tiga orang dari masayrakat serta dua video klip kampanye Gus Ipul – Puti yang berjudul Sholawat Kabeh Sedulur dan Kabeh Sedulur Versi Madura. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Wacana Teun A. Van Dijk. Penelitian ini menemukan bahwa pertama terdapat simbol – simbol Islam yang digunakan dalam video klip kampanye Gus Ipul – Puti pada Pilkada Jawa Timur 2018, yaitu (1) Kaligrafi berlafadzkan Allah, (2) Sholawat, (3) Sebutan kiai, Agus, Ning, Ibu Nyai, Pondok, NU dan Ansor dan (4) Busana yang mencerminkan identitas muslim seperti kerudung, busana muslim, kopyah, sarung. Kedua terjadi proses komodifikasi simbol – simbol Islam dalam video klip kampanye Gus Ipul – Puti pada Pilkada Jawa Timur 2018, yaitu komodifikasi pekerja, komodifikasi Isi, dan Komodifikasi Khalayak. Pada level komodifikasi pekerja simbol Islam di produksi dengan alas an untuk kepentingan politik pasangan calon Gus Ipul – Puti, selanjutnya pada level komodifikasi Isi simbol Islam menjadi pesan untuk mencitrakan pasangan calon Gus Ipul – Puti sebagai sosok yang religius, nasionalis, didukung oleh banyak kalangan NU dan Representasi dari NU, dan yang terakhir pada level komodifikasi khalayak adalah hasil dari komodifikasi simbol Islam dalam video klip kampanye Gus Ipul – Puti terhadap khalayak yaitu (1) tidak terpengaruh dan tidak memilih. (2) terpengaruh dan memilih,(3) terpengaruh tapi tidak memilih. date: 2020-12-09 date_type: published pages: 218 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ahmad Irfan Ilhami, NIM.: 16202010015 (2020) KOMODIFIKASI SIMBOL – SIMBOL ISLAM DALAM VIDEO KLIP KAMPANYE GUS IPUL - PUTI PADA PILKADA JAWA TIMUR 2018. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44528/2/16202010015_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44528/1/16202010015_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf