%A NIM.: 16420025 Dian Masrura %O Pembimbing : Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag %T RELEVANSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 7 ACEH TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020 %X Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTsN 7 Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan korelasi bivariat dan regresi linear sederhana ini bertujuan untuk menganalisis hubungan, pengaruh dan besar kontribusi variabel Kompetensi pedagogik guru (X) terhadap variabel prestasi belajar peserta didik (Y). Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 7 Aceh Timur dengan sampel 1 kepala sekolah, 2 guru bahasa Arab dan 115 Peserta didik. Pengambilan sampel berdasarkan kaidah probability sampling dengan metode random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dibantu dengan SPSS (Statictical Package for Social Sciences) versi 26. Hasil penelitian uji korelasi bivariat menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0.103, dengan nilai signifikansi 0.268 > α = 0.05. Artinya, pada angka kepercayaan 95%, kompetensi pedagogik guru (X) tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik (Y). Koefisien korelasi 0.103 menjadi korelasi yang sangat lemah. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan persamaan regresi Y= 65.196 + 17.668X. Nilai β = 17.668 dapat diartikan bahwa variabel kompetensi pedagogik guru (X) tidak berpengaruh karena tidak berkontribusi positif secara signifikan sebesar 1,768.8% terhadap variabel prestasi belajar peserta didik (Y). Uji t yang dilakukan menunjukkan thitung sebesar 1.113, sedangkan ttabel 1.980 sehingga thitung < ttabel = 1.113 < 1.980. Demikian, H0 diterima dan Ha ditolak yang dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi pedagogik guru (X) tidak berpengaruh karena tidak berkontribusi positif secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar peserta didik (Y). Sedangkan, nilai koefisien determinasi (R 2 ), yaitu 0.11. artinya variabilitas prestasi belajar peserta didik (Y) mampu diterangkan oleh varibilitas kompetensi pedagogik guru (X) sebesar 0.01%. Sementara itu, sebesar 99.99% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini. %K Kompetensi Pedagogik Guru, Pendidikan Bahasa Arab %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib44533