TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag. ID - digilib44536 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44536/ A1 - Itmam Mutaqien, NIM.: 16410091 Y1 - 2020/06/23/ N2 - Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kewajiban bagi santri untuk mematuhi peraturan-peraturan dalam kegiatan pembelajaran di kelasAlfiyah I dan menjadikan reward dan punishment sebagai salah satu metodedalam pembelajaran, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan adanya reward dan punishment yang diterapkan bagaimana tanggapan santri, apakah reward dan punishment itu dapat menjadikan motivasi dalambelajar para santri atau justru mengganggu kenyamanan belajar. Maka dari itupenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang prosesreward dan punishment dalam pembelajaran agama Islam, juga respon santri dengan adanya hal tersebut sehingga dapat diketahui dampaknya bagi keberlangsungan belajar santri. Penelitian ini merupakan penelitian filed research yang bersifat kualitatifyaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik danmemaparkan objek yang sebenarnya di lapangan. Adapun pengumpulan datanyamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Penentuansubjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sample dan snowball sample.Subjek penelitian terdiri 1 ketua bidang kurikulum pesantren, 3 orang usta?pengampu pelajaran di kelas Alfiyah I dan 18 orang santri. Penulis menggunakananalisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasimetode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara umum pelaksanaan pemberian reward dan punishment di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakartadilaksanakan pada tiga mata pelajaran yaitu pada mata pelajaran fiqih, tafsir dan nahwu. Dalam pelaksanaan reward dan punishment pada setiap pelajaran sangatberagam tergantung kebijakan pengampu pelajaran masing-masing. (2) responspositif kebanyakan santri terhadap reward dan juga setuju dengan pemberlakuanpunishment. Akan tetapi ada sebagian santri yang tidak setuju dengan beberapapemberlakuan punishment seperti adanya santri yang memanfaatkan punishmentuntuk hal yang tidak baik dan punishment yang malah memberatkan santri. (3)dari 18 santri kelas Alfiyah I 16 santri menyatakan bahwa dampak dari penerapanreward dan punishment terhadap motivasi belajar sangat berpengaruh sepertitimbulnya semangat dalam hal belajar, rajin dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran. Namun, ada sebagian santri yang justru malah membuat santridown dengan pemberlakuannya punishment. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Belajar KW - Pendidikan Agama Islam KW - Motivasi Belajar Siswa M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS ALFIYAH I PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA AV - restricted EP - 158 ER -