relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44541/
title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIKTAT JURUMIYYAH  DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB  KUNING SANTRI BARU  MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE  YOGYAKARTA
creator: Hanif, NIM. 17104010038
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang penelitian ini adalah pada saat santri baru disuruh  untuk memahami tiga ilmu nahwu secara bersamaan dalam kurun waktu  seminggu tiga kali kemudian mereka merasa belum bisa mengetahui  nahwu dengan baik dan benar. Dari situlah para ustadz mempunyai  inisiatif untuk membuat diktat jurumiyyah ini, tujuannya untuk  memudahkan santri baru dalam memahami ilmu nahwu khususnya  jurumiyyah. Kemudian setelah dibuatkannya diktat jurumiyyah tersebut,  maka santri baru lebih mudah untuk memahami ilmu nahwu khususnya  jurumiyyah. Karena di dalam diktat jurumiyyah ini terdapat bait-bait  beserta artinya dan juga contohnya. Di karenakan mayoritas santri baru  tersebut belum pernah mondok sama sekali, jika mereka sudah pernah  mondok tetapi mereka sudah lupa.  Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat  kualitatif. Pengempulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan  dokumentasi, dan data yang sudah terkumpul kemudian diolah, dipilih, dan  dianalisis menggunakan analisi deskriptif yang meliputi reduksi data,  penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan pengecekan  keabsahan menggunakan triangulasi sumber.  Hasil penelitian ini yaitu : 1). Implementasi diktat jurumiyyah ini  ada dua macam kegiatan yaitu pembelajaran didalam kelas yang mana  menggunakan metode bandongan dan lalaran/mengulang hafalan.  Sedangkan metode yang digunakan pada saat pembelajaran diktat  jurumiyyah itu ada dua metode yaitu sorogan dan musyawarah. 2).  Sebelum implementasi diktat jurumiyyah santri disuguhkan dengan tiga  materi nahwu secara bersama-sama seminggu tiga kali alhasil mereka  tidak faham, setelah dibuatkannya diktat jurumiyyah ini maka santri baru  lebih mudah untuk memahaminya khususnya jurumiyyah. 3). Faktor  pendukungnya yaitu tempat di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede  Yogyakarta sangat sejuk dan nyaman untuk dibuat hafalan, sebelum  ustadznya memasuki kedalam kelas disuruh lalaran/mengulang hafalan  secara bersama-sama. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu  seringnya santri tidak masuk kedalam kelas, pada saat ustadz menjelaskan  materi tentang nahwu yaitu diktat jurumiyyah ada sebagian santri yang  tertidur di dalam kelas.
date: 2021-06-04
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44541/1/17104010038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44541/2/17104010038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Hanif, NIM. 17104010038  (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIKTAT JURUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI BARU MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.