TY - THES N1 - Drs. H. Sarjono, M.Si ID - digilib44544 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44544/ A1 - Intan Mutia Pratiwi, NIM: 17104010101 Y1 - 2021/04/15/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia yang menyebabkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan sistem daring. Tentu seluruh lapisan sekolah harus mulai menyesuaikan, salah satunya guru PAI. Agar pembelajaran tetap berjalan seperti biasa guru harus menyesuaikan dengan pembelajaran daring saat ini. Guru dan siswa di SMAN 1 Karangmojo Gunungkidul selama diberlakukannya pembelajaran jarak jauh mengeluhkan tentang model pembelajaran, metode mengajar, penggunaan media, serta kesulitan dalam memantau perkembangan siswa. Salah satu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan peserta didik adalah kompetensi pedagogik. Untuk itu, selama masa pembelajaran jarak jauh ini guru perlu meningkatkan kompetensi pedagogiknya karena berkaitan dengan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penerapan kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualittatif fenomenologis. Adapun pegumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunaan metode deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Karangmojo Gunungkidul sudah dilaksanakan oleh guru PAI dengan memahami dan juga menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran saat ini yang dilakukan dengan sistem daring, seperti menambah wawasan dan pengetahuan tentang pendidikan, memahami karakteristik peserta didik, mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi pendidikan, mengevaluasi pembelajran, dan mengembangkan potensi peserta didik. Namun, masih ada beberapa kompetensi yang belum dilaksanakan dengan maksimal dikarenakan terkendala berbagai kondisi. 2) Kepala sekolah, guru PAI, beserta jajaran bekerjasama dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan mengadakan berbagai pelatihan, workshop, webinar, IHT (In House Training). Adapun untuk guru PAI ditambah mengikuti diklat MGMP maupun Kemenag. 3) Cara Mengajar guru PAI di masa pembelajaran jarak jauh ini diantaranya diskusi dan penugasan melalui aplikasi google classroom, google meet, maupun zoom. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru PAI KW - Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 KW - Guru PAI. M1 - skripsi TI - PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 KARANGMOJO GUNUNGKIDUL AV - restricted EP - 311 ER -