eprintid: 44544 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/45/44 datestamp: 2021-09-17 12:05:12 lastmod: 2021-09-17 12:05:12 status_changed: 2021-09-17 12:05:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Intan Mutia Pratiwi, NIM: 17104010101 title: PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 KARANGMOJO GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19, Guru PAI. note: Drs. H. Sarjono, M.Si abstract: Latar belakang penelitian ini adalah merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia yang menyebabkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan sistem daring. Tentu seluruh lapisan sekolah harus mulai menyesuaikan, salah satunya guru PAI. Agar pembelajaran tetap berjalan seperti biasa guru harus menyesuaikan dengan pembelajaran daring saat ini. Guru dan siswa di SMAN 1 Karangmojo Gunungkidul selama diberlakukannya pembelajaran jarak jauh mengeluhkan tentang model pembelajaran, metode mengajar, penggunaan media, serta kesulitan dalam memantau perkembangan siswa. Salah satu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan peserta didik adalah kompetensi pedagogik. Untuk itu, selama masa pembelajaran jarak jauh ini guru perlu meningkatkan kompetensi pedagogiknya karena berkaitan dengan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penerapan kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualittatif fenomenologis. Adapun pegumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunaan metode deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Karangmojo Gunungkidul sudah dilaksanakan oleh guru PAI dengan memahami dan juga menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran saat ini yang dilakukan dengan sistem daring, seperti menambah wawasan dan pengetahuan tentang pendidikan, memahami karakteristik peserta didik, mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi pendidikan, mengevaluasi pembelajran, dan mengembangkan potensi peserta didik. Namun, masih ada beberapa kompetensi yang belum dilaksanakan dengan maksimal dikarenakan terkendala berbagai kondisi. 2) Kepala sekolah, guru PAI, beserta jajaran bekerjasama dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan mengadakan berbagai pelatihan, workshop, webinar, IHT (In House Training). Adapun untuk guru PAI ditambah mengikuti diklat MGMP maupun Kemenag. 3) Cara Mengajar guru PAI di masa pembelajaran jarak jauh ini diantaranya diskusi dan penugasan melalui aplikasi google classroom, google meet, maupun zoom. date: 2021-04-15 date_type: published pages: 311 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Intan Mutia Pratiwi, NIM: 17104010101 (2021) PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44544/1/17104010101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44544/2/17104010101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf