eprintid: 44548
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/04/45/48
datestamp: 2021-09-17 14:52:47
lastmod: 2021-09-17 14:52:47
status_changed: 2021-09-17 14:52:47
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Muhammad Luthfi Mahendra, NIM: 17104010109
title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
DI PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL
MUBTADI-IEN DAN RELEVANSINYA DENGAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: pendidikan multikulural, pondok pesantren, Pendidikan
Agama Islam
note: Drs. Mujahid, M.Ag
abstract: Latar belakang penelitian ini adalah Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul
Mubtadi-ien sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia khususnya di
daerah Kotagede Yogyakarta yang menerapkan nilai-nilai pendidikan multikultural
walaupun ada beberapa perbedaan dalam penerapannya dengan nilai pendidikan
multikultural yang ada di Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini terfokus pada
penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada di Pondok Pesantren
Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien, implementasi nilai-nilai pendidikan
multikultural, dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research)
yang di jabarkan secara diskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat
melalui wawancara mendalam, dokumentasi, observasi, dan trigulasi sumber serta
teknik yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan historis (sejarah) dan
etnografi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode kualitatif, yaitu
kodifikasi data, penyajian data, serta penarikan keesimpulan. Subjek penilian
adalah santri, pengurus, serta ustaz yang ada di Pondok Pesantren Kotagede
Hidayatul Mubtadi-ien.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Terdapat nilai-nilai
pendidikan multikultural yang ada di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul
Mubtadi-ien, 2. Nilai-nilai pendidikan multikultural diimplementasikan melalui
kegiatan-kegiatan dan program-progam yang ada, 3. Adanya relevansi antara nilai
pendidikan multikultural yang ada di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul
Mubtadi-ien dengan nilai pendidikan multikultural dan tujuan Pendidikan Agama
Islam. Adapun nilai multikultural yang di terapkan dalam setiap kegiatan dan
programnya tidak terbatas hanya satu saja, melainkan ada beberapa nilai
multikultural yang langsung diterapkan dalam satu kegiatan atau program yang
diadakan. Relevansi antara Pendidikan Agama Islam dengan nilai pendidikan
multikultural di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien berdasarkan
ayat Al Qur’an dan hadis.
date: 2021-04-30
date_type: published
pages: 152
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Muhammad Luthfi Mahendra, NIM: 17104010109  (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44548/1/17104010109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44548/2/17104010109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf