@phdthesis{digilib44552, month = {April}, title = {KREATIVITAS SISWA MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM PEMBELAJARAN AL- QURAN HADIS KELAS XI DI MA MAFAZA BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17104010121 YANDI HARISTYO}, year = {2021}, note = {Drs. Nur Munajat, M. Si}, keywords = {Kreativitas, Adiwiyata, Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44552/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah kreativitas siswa dalam sebuah pembelajaran dibutuhkan demi terciptanya pembelajaran yang ideal. Ada baiknya apa bila kreativitas siswa dimanfaatkan sebagai pendukung suatu program tertentu yakni salah satunya adalah Program Sekolah Adiwiyata. MA Mafaza Bantul sebagai salah satu madrasah yang mencanangkan program sekolah adiwiyata masih ditemukan masalah berupa ketidaksiapan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengarah pada dukungan terhadap program sekolah adiwiyata, hal ini menjadikan belum efektifnya kreativitas siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadis Kelas XI di MA Mafaza Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan psikologi pendidikan dan mengambil latar MA Mafaza Bantul. Subjek penelitian diantaranya adalah guru Al- Quran Hadis, Kepala Madrasah, guru PLH dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data yang telah dikumpulkan dan disajikan dengan memberi pemaknaan baru ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data untuk mengambil data dengan metode yang berbeda namun dari sumber yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan program sekolah adiwiyata dalam pembelajaran Al-Quran Hadis Kelas XI di MA Mafaza Bantul adalah sudah terlaksana dengan baik dengan indikator telah sesuai dengan perencanaan program yakni melalui model pembelajaran berbasis proyek yaitu proyek pengolahan sampah menjadi produk atau karya. (2) Adapun kecenderungan kreativitas siswa melalui program sekolah adiwiyata dalam pembelajaran Al-Quran Hadis Kelas XI di MA Mafaza Bantul sudah tergolong baik dilihat dari teori kreativitas yang ada. (3) Faktor pendukung kreativitas siswa dalam pembelajaran PAI diantaranya pemantauan dari Dinas Lingkungan Hidup, pemanfatan sumber belajar yang baik, kesiapan belajar peserta didik yang baik serta dorongan dan arahan dari guru. Adapun faktor penghambat kreativitas siswa melalui program sekolah adiwiyata dalam pembelajaran PAI diantaranya adalah keteladanan yang kurang dari pimpinan, guru dan karyawan dalam hal tentang pentingnya mengolah sampah, waktu yang tidak mencukupi, ketersediaan alat dan bahan yang kurang serta kurangnya pemantauan terhadap jalanya program.} }