eprintid: 44555 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/45/55 datestamp: 2021-09-18 23:21:19 lastmod: 2021-09-18 23:21:19 status_changed: 2021-09-18 23:21:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sitti Khotijah, NIM: 17104020004 title: EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION METHOD) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT (Studi Pada Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021) ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Efektifitas, Metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization), Pembelajaran Mufradāt. note: Dr. Muhajir S.Pd.I., M.SI abstract: Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan pretest dan postes. Data dianalisis menggunakan uji independet sample t test dengan bantuan SPSS 22, setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diterapkannya metode MIM-MEM 61,6. dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 52,9. Adapun rata-rata kelas eksperimen setelah diterapkan metode MIM-MEM menjadi 84,8 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63. Dari hasil analisis uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. kemudian nilai rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 62,16 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas cukup. Sementara untuk nilai N-Gain score pada kelas kontrol sebesar 23,26 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas tidak efektif. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization) efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradāt santri Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021. date: 2021-07-08 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sitti Khotijah, NIM: 17104020004 (2021) EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION METHOD) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT (Studi Pada Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44555/1/17104020004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44555/2/17104020004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf