eprintid: 44579 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/45/79 datestamp: 2021-09-20 02:14:03 lastmod: 2021-09-20 02:14:03 status_changed: 2021-09-20 02:14:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAN NOVITASARI, NIM 17104030073 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA PACAREJO MASA PANDEMI COVID-19 ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kreatif, Pandemi COVID-19. note: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya karakter kreatif pada diri individu. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menuntut setiap individu untuk kreatif. Implementasi pendidikan karakter kreatif dalam keluarga perlu dikembangkan, mengingat saat ini pembelajaran dilaksanakan di rumah yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Tujuan penelitian mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter kreatif di PAUD Tunas Harapan Desa Pacarejo masa pandemi COVID-19 dan mengetahui faktor pendukung beserta faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di PAUD Tunas Harapan, subjek penelitian yaitu 7 keluarga anak didik, kepala sekolah dan 3 pendidik PAUD Tunas Harapan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter kreatif dalam keluarga dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelaksanaan dilandasi kesadaran dan menggunakan metode bermain, keteladanan, demonstrasi dan bercerita sehingga anak dapat melakukan kegiatan kreatif. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter aspek kreatif dalam keluarga antara lain manajemen waktu yang efektif, kondisi lingkungan, sarana dan prasarana, rangsangan mental, dorongan internal dan peran pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, peran keluarga, emosional anak, dan pengawasan guru terlalu ketat. date: 2021-05-25 date_type: published pages: 178 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DIAN NOVITASARI, NIM 17104030073 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA PACAREJO MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44579/1/17104030073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44579/2/17104030073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf