eprintid: 44581 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/45/81 datestamp: 2021-09-20 02:20:55 lastmod: 2021-09-20 02:20:55 status_changed: 2021-09-20 02:20:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ariq Nurjannah Irbah, NIM. 17104030081 title: PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted note: kompetensi pedagogik, pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. abstract: Latar belakang penelitian ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 memberikan dampak luar biasa sehingga menyebabkan adanya perubahan besar khususnya pada dunia pendidikan. Adanya kebijakan yang telah dikeluarkan terkait tetap dilaksanakan kegiatan pembelajaran menjadikan guru tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Hal tersebut menuntut guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kompetensi pedagogik yang telah dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di TK Tunas Muda Poncol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan deskriptif analisis dengan mendiskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomenalogi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut diperoleh dari 3 informan yaitu, 2 guru di TK Tunas Muda Poncol dan 1 orang tua peseta didik TK Tunas Muda Poncol. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru mampu meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 melalui kompetensi pedagogik yang telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di TK Tunas Muda Poncol dilaksanakan sesuai dengan kebijakan pemerintah yaitu pelaksanaannya menggunakan metode pembelajaran daring dan Home Visit. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran daring, kompetensi guru terhadap pemanfaatan teknologi belum optimal sehingga dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kurang. Berdasarkan hasil penelitian terdapat faktor penghambat dan pendukung. Faktor penghambat yaitu tidak memahami materi, sulit sinyal, orang tua bekerja, peserta didik jenuh. Untuk faktor pendukung dalam pembelajaran daring bisa dikerjakan kapan dan dimanapun, fasilitas internet. Hal tersebut menjadi hambatan tersendiri bagi guru untuk mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan kondisi melalui kompetensi pedagogik yang dimiliki. date: 2021-04-16 date_type: published pages: 154 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ariq Nurjannah Irbah, NIM. 17104030081 (2021) PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44581/1/17104030081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44581/2/17104030081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf